Breaking News:

Berita Kota Kupang Terkini

Penutupan Pusat Perbelanjaan, Wakil Wali Kota Kupang Segera Lakukan Evaluasi 

Penutupan sementaran waktu pusat perbelanjaan tersebut untuk Menekan Penularan Transmisi Lokal Covid-19 di Kota Kupang, Dalam point tersebut Pem

Penulis: Yeni Rachmawati | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/Yeni Rachmawati
Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Sebagai upaya untuk menekan penularan transmis lokal Covid-19 di Kota Kupang saat perayaan Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Kota Kupang mengeluarkan dua surat edaran, pada Rabu (23/12). 

Surat edaran yang ditandatangani oleh Wakil Wali Kota Kupang,  Hermanus Man ini, pertama nomor 059/HK.188.55.443.2/XII/2020 Tentang Peningkatan Kewaspadaan dan Upaya Menekan Penularan Transmisi Lokal Covid-19 di Kota Kupang dan Surat Edaran yang kedua adalah Tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Ibadah dan Perayaan

Pada Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Masa Pandemi Covid-19 di Kota Kupang.
Surat Edaran pertama ditujukan kepada tiga komponen, yakni Pengelola/Pemilik Pusat Perbelanjaan/Mall di Kota Kupang, Pengelola/Pemilik Toko, Toko Modern dan Mart di Kota Kupang  dan Pengelola/Pemilik Tempat Hiburan di Kota Kupang masing-masing. Surat Eadaran ini bertujuan untuk Menutup sementara waktu semua Pusat Perbelanjaan, Mall, Toko, Toko Modern, Mart, dan Tempat-tempat Hiburan.

Penutupan sementaran waktu pusat perbelanjaan tersebut untuk Menekan Penularan Transmisi Lokal Covid-19 di Kota Kupang, Dalam point tersebut Pemerintah Kota Kupang menyampaikan beberapa hal penting yaitu menutup untuk sementara waktu semua Pusat Perbelanjaan, Mall, Toko, Toko Modern, Mart, dengan jadwal sebagai berikut : 

a. Menjelang Natal : Penutupan dilakuan pada tanggal 24 Desember 2020 Pukul 12.00 Wita sampai dengan 26 Desember 2020 Pukul 12.00 Wita. 
b. Menjelang Tahun Baru 2021 : Penutupan dilakukan pada tanggal 31 Desember 2020 Pukul 12.00 Wita sampai dengan 2 Januari 2021 Pukul 12.00 Wita. 
Tempat-tempat Hiburan akan ditutup untuk sementara pada 25 Desember 2020 sampai dengan 26 Desember 2020. Semua Pasar Tradisional termasuk Pasar Ikan dan Kios-Kios tetap di buka dengan Pengawasan ketat dari Gugus Tugas Kelurahan masing-masing. Sementara untuk semua Hotel/Penginapan, Restoran dan Warungwarung, Tempat Kuliner tetap di buka dengan memerhatikan Protokol Kesehatan dibawah kendali Gugus Tugas Kelurahan masing-masing. 

Mulai dari t 24 Desember sampai dengan 31 Desember 2020 tidak dibenarkan/diberikan ijin untuk melaksanakan acara pesta. 
Untuk Ibadah Natal dan Perayaan Natal bersama diluar gedung Gereja diperbolehkan dengan pembatasan jumlah kehadiran maksimal 50 orang dengan tetap memerhatikan Protokl Kesehatan. 

Kepada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Lurah sebagai Gugus Tugas Kelurahan diminta untuk tetap mengawasi pelaksanaan Edaran ini.
Pada (24/12) Wakil Wali Kota Kupang bersama TNI/Polri, Sat Pol PP dan pimpinan OPD terkait lainnya langsung melakukan pemantauan menelusuri ruas-ruas jalan dan ternyata hampir semuanya patuh pada surat edaran yang dikeluarkan.

Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man, ketika dihubungi POS-KUPANG.COM, Minggu (27/12), mengatakan hasil evaluasi belum bisa disampaikan. Dampaknya akan dilihat sampai tahun baru. Nanti akan disampaikan. 

"Nanti akan dihitung secara keseluruhan, menganalisis data-datanya apakah ada penurunan transmisi lokal atau lebih tinggi. Pada 31 Desember ditutup lagi. Dinas kesehatan dan Pol PP belum lapor ke saya secara keseluruhan" ujarnya.

Jika seandainya cara ini berhasil untuk menekan angka penyebaran covid, dirinya tidak ingin mengandai-andai tapi tujuannya untuk mengurangi transmisi lokal. Tapi akan dilakukan dengan cara yang lainnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati).

Wakil Walikota Kupang, Herman Man
Wakil Walikota Kupang, Herman Man (PK/Yen)
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved