Breaking News:

Pilkada Sumba Barat

Dugaaan Pelanggaran Pemilu Paket Niga-Oris, KPU Sumba Barat Tindaklanjuti Rekomendasi Bawaslu

Dugaaan pelanggaran pemilu Paket Niga-Oris, KPU Sumba Barat tindaklanjuti rekomendasi Bawaslu

Penulis: Petrus Piter | Editor: Kanis Jehola
PK/Petrus Piter
Foto Jubir KPU Sumba Barat,TeguhRaharjo  

Dugaaan pelanggaran pemilu Paket Niga-Oris, KPU Sumba Barat tindaklanjuti rekomendasi Bawaslu

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK - Komisi pemilihan umum ( KPU) Kabupaten Sumba Barat menyatakan siap menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu Sumba Barat atas dugaan pelanggaran pemilu oleh Ketua KPPS TPS I Desa Manukuku, Kecamatan Tanah Righu, Sumba Barat karena tidak melakukan pengambilan sumpah sesaat sebelum berlangsung proses pemungutan suara tanggal 9 Desember 2020 sebagaimana dilaporkan tim sukses pasangan calon Drs.Agustinus Niga Dapawole-Gregorius HBL Pandango, S.E .

Saat ini pihaknya sedang proses untuk melakukan klarifikasi dengan Ketua KPPS TPS I Desa Manukuku, Kecamatan Tanah Righu untuk mendapatkan keterangannya sebelum KPU Sumba Barat mengadakan rapat memutuskannya.

Baca juga: Seorang Boca Berusia Lima Tahun Tewas Terseret Banjir di Desa Oesena-TTU

Hal itu sebagai wujud tindaklanjut KPU Sumba Barat atas rekomendasi Bawaslu Sumba Barat yang meminta nama-nama KPPS TPS I Desa Manukuku, Kecamatan Tanah Righu, Sumba Barat agar tidak dilibatkan lagi pada pemilu-pemilu mendatang karena terbukti melanggar ketentuan pemilu dengan tidak melakukan pengambilan sumpah anggota KPPS sebelum proses pemungutan suara berlangsung di TPS itu tanggal 9 Desember 2020.

Komisioner KPU Sumba Barat yang juga adalah juru bicara KPU Sumba Barat, Teguh Raharjo menyampaikan hal itu melalui pesan singkat whatsApp, Minggu (27/12/2020). Dikatakan, pihaknya memandang penting meminta klarifikasi kepada yang bersangkutan sebelum mengambil keputusan. Hal itu demi menegakan aturan pelaksanaan pemilu pilkada Sumba Barat tahun 2020 ini.

Baca juga: Lewat Jalur Darat Jakarta-Surabaya PP Risma Ternyata Cek Wilayah yang Butuh Bantuan Kemensos

Karena itu ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Sumba Barat bersabar dan tetap menjaga suasana daerah ini aman dan damai agar pilkada Sumba Barat tahun 2020 berakhir dengan aman dan damai. KPU Sumba Barat akan memutuskannya setelah melakukan klarifikasi dengan yang bersangkutan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM , Petrus Piter)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved