Breaking News:

Timor Leste

Dokumen Rahasia Bocor, Indonesia Gunakan Senjata 'TERLARANG' saat Invasi Timor Leste, Amerika Diam

Dokumen Rahasia Bocor, Sebut Indonesia Gunakan Senjata Militer 'TERLARANG' saat Invasi Timor Leste, Amerika dan Australia Tutup Mata

easttimor.org.uk
Ilustrasi - Dokumen Rahasia Bocor, Indonesia Gunakan Senjata 'TERLARANG' saat Invasi Timor Leste, Amerika Diam 

POS-KUPANG.COM - Dokumen Rahasia bocor, Sebut Indonesia Gunakan Senjata Militer 'TERLARANG' saat Invasi Timor Leste, Amerika Serikat dan Australia Tutup Mata

Invasi Indonesia atas Timor Leste memang telah berlalu puluhan tahun lalu.

Namun, banyak cerita yang belum terungkap, termasuk senjata terlarang yang digunakan Indonesia dalam invasi di Timor Leste.

Menurut sebuah dokumen rahasia milik Australia, yang diungkapkan tahun 2015 oleh The Sydney Morning Herald.

Associate Professor Clinton Fernandes dari Australia Defence Force Academy telah menemukan dokumen diplomatik Australia sebelumnya.

Dokumen ini dirahasiakan yang mempertanyakan penolakan berulang Indonesia yang digunakan untuk membumihanguskan Timor Leste 29 tahun lalu.

Penemuan ini merupakan terobosan dalam penelitian jangka panjang Dr Fernandes untuk mengetahui sejauh mana pemerintah Australia mengetahui tindakan Indonesia.

Baca juga: Pengakuan Warga Tionghoa Timor Leste Usai Merdeka, Korban Kekerasan hingga Terusir dari Bumi Lorosae

Salah satunya terungkap dalam dokumen di National of Archives of Australia, tertanggal September 1983 dari Konsul Australia di Bali, Malcom Mann, kepada Dennis Richardson.

Kemudian konselor di Kedutaan Besar Australia di Jakarta, melaporkan percakapan dengan Amerika Serikat, di Surabaya, Jay McNaughton.

Orang Amerika itu mengatakan kepada Mann, bahwa dia telah melihat laporan intelijen bahwa orang Indonesia memasang tank napalm ke pesawat F5 mereka untuk digunakan di Indonesia.

Halaman
1234
Editor: Bebet I Hidayat
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved