Penanganan Covid

Dua Dokter dan Satu Perawat di Sumba Timur Positif Covid-19

Terdapat dua dokter dan satu perawat di Sumba Timur positif Covid-19.  Saat ini total pasien positif Covid-19 sudah 30 orang

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana 

POS-KUPANG.COM | /WAINGAPU -- Terdapat dua dokter dan satu perawat di Sumba Timur positif Covid-19.  Saat ini total pasien positif Covid-19 di Sumba Timur yang dirawat sudah 30 orang.

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana yang dikonfirmasi Minggu (20/12/2020) malam membenarkan dua dokter yang terpapar Covid-19.

Menurut Chrisnawan, saat ini memang ada dua orang dokter di Sumba Timur yang dirawat di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu karena positif Covid-19. "Jadi, benar ada dokter yang positif Covid-19," kata Chrisnawan.

Baca juga: DWP Malaka Tetap Semangat Walaupun Pandemi Covid-19

Chrisnawan mengaku, hampir setiap hari ada penambahan kasus positif Covid-19, karena itu, dirinya tidak henti-hentinya meminta masyarakat agar tetap melakukan protokol kesehatan. 

"Protokol kesehatan ini sudah kita tahu bersama, karena itu tetap kita jalankan," kata Chrisnawan.
Dia juga meminta agar masyarakat tetap menjaga kesehatan tubuh, dengan mengkonsumsi makanan bergizi, isterahat dan berolahraga yang cukup sehingga ada ketahanan tubuh.

Baca juga: Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Terima Penyerahan Senjata Api dari Warga

Informasi yang diperoleh menyebutkan, selain dua orang dokter yang positif Covid-19, sebelumnya juga ada satu orang perawat di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu yang juga terpapar Covid-19.

Akibatnya, pelayanan di UGD RSUD Umbu Rara Meha Waingapu ditutup sementara. Selain itu juga ada seorang wartawan di Sumba Timur  yang juga terkonfirmasi positif Covid-19.

Sementara itu, data yang diperoleh dari Posko Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumba Timur,  hari ini ada penambahan lagi empat kasus positif Covid-19.

Empat kasus itu positif berdasarkan hasil pemeriksaan Tes Cepat Molekuler (TCM) di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu.

Dari keempat kasus itu, tiga kasus dari Kecamatan Kota Waingapu dan satu kasus dari Kecamatan Pandawai.

Adanya penambahan empat kasus positif itu,maka total kasus yang dirawat mencapai 30 kasus. Sedangkan total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur sebanyak 63  kasus, 30 kasus dinyatakan sembuh, tiga kasus meninggal dunia dan 30 kasus dalam perawatan.

Total sampel yang dikirim untuk diperiksa secara Polymerase Chain Reaction (PCR) maupun TCM sebanyak 1.832 sampel. Dari jumlah itu, 1.423 sampel negatif dan 79 sampel positif serta 330 sampel belum ada hasil.

Catatan Redaksi:

Mari bersama-kita lawan virus corona.  POS-KUPANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.  Ingat pesan ibu, 3M: Wajib memakai masker; Wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan; Wajib mencuci tangan dengan sabun. (Laporan Reporter POS -KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved