Penanganan Covid

Satu Pasien Covid-19 di Sumba Timur Meninggal Dunia

Satu lagi pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur dinyatakan meninggal dunia.

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Satu lagi pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur dinyatakan meninggal dunia. Pasien dengan inisial H  ini meninggal dunia pada Sabtu (19/12/2020) sekitar pukul 00.30 wita.

Meninggalnya satu pasien positif Covid-19 ini, maka toyal pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia di Sumba Timur berjumlah tiga orang.

Informasi yang diperoleh, Sabtu (19/12/2020), menyebutkan pasien yang meninggal dunia itu pernah melakukan perjalanan keluar daerah daerah atau sebagai pelaku perjalanan.

Baca juga: Universitas Karya Darma Kupang Mewisudakan 119 Sarjana dengan Prokes Covid-19

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan, Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana yang dikonfirmasi membenarkan kasus tersebut.

Menurut Chrisnawan, pasien positif Covid-19 itu dinyatakan meninggal dunia dan telah dimakamkan dengan protokol Covid-19 yang ketat. "Ya, benar ada pasien positif Covid-19 yang meninggal," kata Chrisnawan.

dr. Chrisnawan mengakui, sampel swab pasien tersebut dikirim dan diperiksa secara Polymerase Chain Reaction (PCR) di Laboratorium Biologi Molekuler RSUD Prof WZ Johannes Kupang dan baru diperoleh hasilnya pada Jumat (18/12/2020).

" Hasil swab dari Kupang baru diterima kemarin, " katanya.

Sementara data dari Posko Percepatan, Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumba Timur menyebutkan, total sampel yang dikirim untuk diperiksa baik secara TCM maupun PCR sebanyak 1.827 sampel. 

Dari jumlah tersebut, 377 sampel belum ada hasil, 1.380 sampel negatif dan 70 sampel terkonfirmasi positif.

Total kasus positif Covid-19 di Sumba Timur saat ini mencapai 54 kasus. Dari 54 kasus itu, 30 kasus dinyatakan sembuh, tiga kasus meninggal dunia dan 22 kasus dalam perawatan.

Chrisnawan juga meminta agar masyarakat  Sumba Timur terus dan selalu  melaksanakan 3 M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Menurut Chrisnawan, tidak ada cara lain untuk mencegah penyebaran Covid-19, selain menjalankan protokol kesehatan.

"Mari kita disiplin melakukan protokol kesehatan sehingga bisa mencegah penyebaran Covid-19," kata Chrisnawan.

Catatan Redaksi:

Mari bersama-kita lawan virus corona.  POS-KUPANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.  Ingat pesan ibu, 3M: Wajib memakai masker; Wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan; Wajib mencuci tangan dengan sabun. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved