Penanganan Covid

Update Corona Sumba Timur - Hari Ini Bertambah 10 Kasus Positif Covid-19

Kasus Corona Virus Disease ( Covid-19) di Kabupaten Sumba Timur terus bertambah. Hari ini terjadi penambahan 10 kasus baru

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
Satgas Covid-19
Satgas Covid-19 memperkenalkan gerakan 3 W yaitu Wajib Iman, Wajib Aman, Wajib Imun, demi menghindari Covid-19. 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU -- Kasus Corona Virus Disease ( Covid-19) di Kabupaten Sumba Timur terus bertambah. Hari ini terjadi penambahan 10 kasus baru.

Sesuai data yang diperoleh dari Posko Percepatan, Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, Jumat (18/12/2020) malam, terjadi penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 10 kasus.
Ke-10 kasus itu berdasarkan pemeriksaan baik, Tes Cepat Molekuler (TCM) dan juga Polymerase Chain Reaction (PCR).

Hasil TCM terdapat tiga kasus, masing-masing, satu dari Kecamatan Kota Waingapu dan dua orang dari Kecamatan Kambera. Sedangkan pemeriksaan secara PCR, ditemukan tujuh kasus baru.

Baca juga: AFP NTT Gelar Coaching Course Bagi Guru Olah Raga SeKabupaten Ende

Ketujuh kasus positif Covid-19 itu berasal dari Kecamatan Kanatang sebanyak empat orang, Kecamatan Umalulu dua orang dan satu orang dari Kecamatan Kambera.

Total kasus positif Covid-19 di Sumba Timur saat ini mencapai 54 kasus. Dari 54 kasus itu, 30 kasus dinyatakan sembuh, dua kasus meninggal dunia dan 22 kasus dalam perawatan.

Baca juga: Tubuh Nia Ramadhani Makin Kurus Saat Makan Cemilan. Padahal Kaya Raya, Idap Penyakit? 

Total sampel yang dikirim untuk diperiksa baik secara TCM maupun PCR sebanyak 1.827 sampel. 
Dari jumlah tersebut, 1.380 sampel negatif, 70 sampel terkonfirmasi positif dan 377 sampel belum ada hasil.

Pantauan POS - KUPANG. COM, penerapan protokol kesehatan, terutama memakai masker belum secara keseluruhan dipatuhi masyarakat.

Masih banyak juga yang menggunakan masker secara tidak sempurna.  Sementara masih ada kegiatan - kegiatan yang memicu kerumunan.

Selain itu, pemerintah setempat juga tidak menyiapkan sarana cuci tangan di tempat umum seperti di Pasar Matawai dan juga di Taman Kota dan area publik lainnya.

Seharusnya, pemerintah setempat menyediakan tandon agar masyarakat yang masuk keluar pasar bisa menggunakan untuk mencuci tangan.

Catatan Redaksi:

Mari bersama-kita lawan virus corona.  POS-KUPANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.  Ingat pesan ibu, 3M: Wajib memakai masker; Wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan; Wajib mencuci tangan dengan sabun. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved