Breaking News:

Masa Tanggap Darurat Erupsi Ile Lewotolok Diperpanjang Hingga 26 Desember 2020

Status tanggap darurat ini diperpanjang dari sebelumnya tanggal 29 November – 12 Desember 2020.

Penulis: Ricardus Wawo | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/RICARDUS WAWO
Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur memastikan langsung distribusi logistik kepada pengungsi yang melakukan evakuasi mandiri di rumah warga di Kelurahan Lewoleba Tengah, Kamis (10/12/2020)  

Masa Tanggap Darurat Erupsi Ile Lewotolok Diperpanjang Hingga 26 Desember 2020

POS-KUPANG.COM|LEWOLEBA--Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur memastikan penetapan masa tanggap darurat bencana erupsi gunung api Ile Lewotolok hingga Sabtu (26/12/2020) yang akan datang.

Status tanggap darurat ini diperpanjang dari sebelumnya tanggal 29 November – 12 Desember 2020.

 
Perpanjangan masa tanggap darurat ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Bupati Lembata Nomor 621 Tahun 2020 yang diterbitkan pada Sabtu (12/12/2020).

Keputusan ini ditetapkan dengan mempertimbangkan rekomendasi yang dikeluarkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di mana masyarakat di sekitar gunung Ile Lewotolok maupun pengunjung tidak boleh melakukan aktivitas dalam radius 4 Km dari kawah puncak.

Status gunung api Ile Lewotolok saat ini masih berada di level III atau siaga. Hampir setiap hari gunung api ini terus mengalami erupsi yang disusul dengan gempa hembusan.

 
Dengan demikian, maka para pengungsi dari desa yang berada dalam radius 4 KM ini tetap bertahan di posko-posko pengungsian di Lewoleba, Ibukota Kabupaten Lembata hingga 26 Desember yang akan datang.

Diketahui sebanyak 16 desa dari dua kecamatan yakni Ile Ape dan Ile Ape Timur berada dalam radius perkiraan bahaya gunung api Ile Lewotolok saat ini.

Baca juga: Komunitas Kahe Arsipkan Bencana 1992 di Maumere Melalui Karya Seni

Baca juga: Wakil Wali Kota Sebut Dinamika Kehidupan  Akhir Ini Tunjukkan Gejala Mengkhawatirkan

Baca juga: BREAKING NEWS : Hotel Cambera Bajawa Terbakar

Meski demikian, Bupati Sunur juga memastikan status tanggap darurat ini akan diperpanjang lagi apabila kondisi darurat kebencanaan masih memerlukan penanganan lebih lanjut. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved