Breaking News:

10 Tahun Kepemimpinan, Bupati Raymundus Sau Fernandes Melayani Tanpa Sekat

Pak Bupati sudah menjalani masa kepemimpinan selama 10 tahun. Apa makna dari perjalanan selama 10 tahun tersebut?

POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Bupati TTU Raymumdus Sau Fernandes meletakan batu pertama program pembangunan rumah layak huni di TTU. Gambar diambil beberapa waktu lalu. 

10 Tahun Kepemimpinan, Bupati Raymundus Sau Fernandes Melayani Tanpa Sekat

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU--Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes, S.Pt telah menjalani masa kepemimpinan di daerah tersebut selama 10 tahun. Dalam masa kepemimpinannya, Bupati Raymundus telah banyak sekali melaksanakan program dan kegiatan untuk membangun Kabupaten TTU.

Meskipun begitu, diakuinya ada juga program dan kegiatan yang belum berjalan maksimal. Selain itu, perjalanan kepemimpinan 10 tahun tentu ada suka dan duka yang dialaminya. Banyak kritikan yang dialamatkan kepadanya sebagai pemimpin di daerah ini.

Untuk mengetahui lebih jelas terkait dengan apa saja yang sudah dilakukan oleh Bupati Raymundus Sau Fernandes selama 10 tahun kepemimpinannya dan apa yang belum maksimal dilakukan, simak wawancara reporter Pos Kupang, Tommy Mbenu Nulangi dengan Bupati Raymundus Sau Fernandes di kebun miliknya di kampung Lulu, kelurahan Tubuhue, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU, Selasa (15/12/2020)

Pak Bupati sudah menjalani masa kepemimpinan selama 10 tahun. Apa makna dari perjalanan selama 10 tahun tersebut?

Saya melihat kepemimpinan sebagai pelayan. Maka saya menikmati untuk melayani masyarakat selama 10 tahun ini. Karena tugas sebagai bupati di zaman yang sudah terbuka seperti sekarang ini, saya memberi rumah saya terbuka terhadap semua. Kepada mereka yang kurang puas dan mengkritik, saya terima dengan senang hati. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat TTU yang sudah bersama saya selama 10 tahun. Satu hal yang saya rasakan bahwa antara bupati dan masyarakat tidak ada sekat. Itu satu hal yang mungkin saja bisa dilakukan oleh orang lain dan juga mungkin tidak bisa dilakukan oleh orang lain.

Selama 10 tahun kepemimpinan, apa program yang Pak Bupati sudah jalankan secara maksimal?

Yang paling berat itu menurunkan angka kemiskinan dari 65,62 persen di periode saya yang pertama. Di saat saya dilantik, kemudian pada hari ketiga saya memanggil Kepala BPS, saya meminta kepada beliau untuk menggambarkan kepada saya terkait dengan data ril tingkat kemiskinan di TTU. Saat itu yang disampaikan kepada saya 65,62 persen. Itu yang saya rasa paling berat.

Dalam menurunkan angka kemiskinan itu, apa upaya yang dilakukan oleh Pak Bupati selama 10 tahun kepemimpinan ini?

Tentunya, dalam upaya saya selama kurang lebih 10 tahun dengan melihat prosentase kemiskinan yang begini tinggi, maka saya merumuskan program dan kegiatan yang kita lakukan untuk menyelesaikan kebutuhan dasar masyarakat yang berkontribusi besar terhadap prosentase kemiskinan. Kita mulai dengan program padat karya pangan (PKP) dan sari tani di periode pertama. Kemudian rumah layak huni di periode kedua.

Halaman
123
Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved