Breaking News:

Salam Pos Kupang

Saatnya untuk Pembuktian Jiwa Pemimpin

Pencoblosan hak suara sudah dilakukan, meski begitu riak-riak Pilkada Serentak 2020 ini masih terasa

Saatnya untuk Pembuktian Jiwa Pemimpin
Dok POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

POS-KUPANG.COM - PESTA demokrasi telah usai. Pencoblosan hak suara sudah dilakukan, meski begitu riak-riak Pilkada Serentak 2020 ini masih terasa. Selaras dengan belum adanya penetapan siapa pemenang dalam kontestan Pilkada secara resmi dari KPU.

Sejatinya, pemilihan kepala daerah ( Pilkada) untuk menentukan siapa yang paling dipilih rakyat guna memimpin daerah 5 tahun mendatang.

Namun, tak semua pada pendukung menerima akan kekalahan 'jagonya'. Inilah yang perlu para kandidat untuk turun menenangkan massa pendukungnya.

Baca juga: Bupati Tahun: Kita Akan Gotong-Royong Perbaiki Bangunan SDN Tuatenu

Terutama bagi-bagi daerah yang rawan akan konflik Pilkada ini. Seperti perbedaan suara yang sangat tipis.

Ketidakpuasan inilah yang memicu akan terjadinya bentrokan di bawah. Maka itu, perlu kedewasaan dari para kandidat dan timnya untuk memilih jalur hukum dalam penyelesaian sengketa Pilkada.

Pun begitu pula di NTT. Sejumlah daerah di NTT yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2020 kemarin juga 'rawan' adanya gesekan antarpendukung ini. Seperti Malaka misalnya.

Baca juga: Penyebab Banjir di Kota Ende Petugas Angkut Pakaian Dalam, Sampah Plastik dan Barang Elektronik

Ini tampak dari pawai kemenangan yang digelar dari masing-masing kubu. Baik kubu Simon Nahak-Kim Taolin, maupul kubu Stefanus Bria Seran-Wandelinus Taolin.

Klaim kemenangan ini didasarkan dari hasil quick count versi masing-masing kubu. Kubu Simon mengklaim dari 12 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Malaka, pihaknya memenangkan di delapan kecamatan.

Sementara dari kubu Stefanus Bria Seran-Wandelinus Taolin mengklaim memenangkan Pilkada dengan perolehan 50,25 persen suara.

Namun, perlu disadari bersama, bahwa klaim para kandidat ini bukanlah merupakan hasil perhitungan sah atau resmi KPU. Hasil yang resmi akan diumumkan dari perhitungan yang digelar KPU nantinya.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved