Penanganan Covid

Calon Bupati Sumba Timur Terpapar Covid-19, Ini Tanggapan Ketua KPU NTT Thomas Dohu

Calon Bupati Sumba Timur Terpapar Covid-19, Ini Tanggapan Ketua KPU NTT Thomas Dohu

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Ketua KPU NTT Thomas Dohu 

Calon Bupati Sumba Timur Terpapar Covid-19, Ini Tanggapan Ketua KPU NTT Thomas Dohu

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Calon Bupati Kabupaten Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali dinyatakan positif Cabid-19. Calin Bupati dari Paket Kobul itu terkonfirmasi positif Covid-19 setelah melakukan Test Cepat Molikuler (TCM) di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu pada Jumat (11/12/2020).

Selain Umbu Lili Pekuwali, seorang tim sukses Paket Kobul yang berasal dari Kampung Sabu, Sumba Timur juga dinyatakan positif pada hari yang sama. Saat Pilkada, Umbu Lili Pekuwali memberikan suaranya di TPS 18 Kelurahan Kambajawa Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur.

Terkait hal tersebut, KPU NTT mengaku belum memastikan sumber penyebaran virus Covid-19 yang menyebabkan calon bupati Umbu Lili Pekuwali itu terpapar.

Baca juga: Saluran Irigasi di Lingko Coca, Manggarai Jebol Dihantam Longsor

"Kejadian di Sumba Timur, kita belum tahu sumber penyebaran itu dari mana dan apakah itu juga berdampak pada pelaksanaan di hari pemungutan suara atau tidak," ujar Ketua KPU NTT Thomas Dohu yang dihubungi POS-KUPANG.COM, Sabtu (12/12) malam.

Pihak KPU NTT dan jajaran di KPU Sumba Timur, kata Thomas, akan mendalami hal tersebut.

Baca juga: PLN Bantu Fasilitas Kebersihan untuk Labuan Bajo

Sementara itu, diakui Thomas, untuk proses pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara yang dilakukan di tingkat TPS juga telah menerapkan standar protokol Covid-19.

"Kami memang sudah mencegah itu dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat khususnya sebagai penyelenggara yang bertemu langsung dengan memilih," kata Thomas.

Ia mengatakan, sesuai dengan PKPU, pemilih dalam proses pemungutan suara telah diwajibkan untuk menggunakan masker, sarung tangan plastik, mencuci tangan serta mengecek suhu tubuh. Selain itu, pihak penyelenggara di TPS juga telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Ia mengatakan, misalnya dari pihak penyelenggara diduga terpapar atau menukarkan Covid-19 maka akan dilihat kembali oleh pihaknya. Akan tetapi ia menjamin, para penyelenggara di tingkat TPS di dua kecamatan dalam Kota Waingapu dalam kondisi sehat karena mereka telah melakukan rapid test sebelum proses pemilihan berlangsung.

"Kerangan dari teman teman, meraka sudah menerapkan protokol kesehatan. Info ketua dan anggita KPPS di TPS 18 Kelurahan Kambajawa Kecamatan Kota Waingapu, sampai dengan saat ini kondisi mereka baik-baik saja dan tidak ada gejala apa-apa," kata Thomas. (Laporan wartawan POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved