Sumba Timur Siapkan Petugas Jelang Vaksinasi Vaksin Covid-19

MENJELANG pelaksanaan vaksinasi Vaksin Covid-19, Pemerintah Sumba Timur mulai menyiapkan sumber daya manusia serta wilayah sasaran vaksinasi

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana 

POS-KUPANG.COM - MENJELANG pelaksanaan vaksinasi Vaksin Covid-19, Pemerintah Kabupaten Sumba Timur mulai menyiapkan sumber daya manusia serta wilayah sasaran vaksinasi.

"Distribusi vaksin dari pemerintah pusat, kemudian ke provinsi dan kabupaten, sehingga kalau jika mulai didistribusikan, maka rantai dingin atau cold chain dipastikan betul berfungsi," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana di Waingapu.

"Saat vaksin tiba di Sumba Timur, maka kita akan distribusikan ke puskesmas-puskesmas. Vaksin yang hendak didistribusikan itu harus dijamin aman, karena itu, cold chain harus dipersiapkan secara baik,"ujarnya.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Belum Tiba di NTT, Simak Penjelasan Gugus Tugas

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Covid-19 ini mengatakan, petugas yang ada tentu akan diberi penyegaran agar dalam bertugas di lapangan bisa berjalan dengan baik.

"Mungkin nanti hanya refresing petugas di lapangan. Tentu kita siapkan, selain tenaga, juga perangkat dan logistik. Prinsipnya sarana prasarana dan SDM kita persiapkan," katanya.

Baca juga: Disiplin 3M Kunci Atasi Laju Penyebaran Corona

Menurut Chrisnawan, pihaknya telah menghitung potensi tenaga kesehatan mulai dari rumah sakit dan puskesmas-puskesmas.

"Pada prinsipnya, kita sudah hitung potensi tenaga SDM mulai dari rumah sakit hingga puskesmas. Prinsipnya vaksin ini seperti vaksinasi biasa hanya fokus pada satu penyakit dan juga baru pertama diterapkan," tandas Chrisnawan.

Mengenai puskesmas, ia mengatakan, dipersiapkan dan juga prioritas. "Kita akan sesuaikan dengan stok vaksin yang masuk. Kita tentu akan prioritaskan sesuai vaksin yang masuk di Sumba Timur," ujarnya. (yel)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved