Breaking News:

Info Kesehatan

Kepoin, 5 Persiapan Ibu Hamil yang Bisa Dilakukan Saat Mengalami Stres

Anda juga perlu melakukan persiapan ibu hamil secara mental. Pasalnya, stres yang berlebihan bisa menyebabkan kemandulan.

net
ilustrasi 

Kepoin, 5 Persiapan Ibu Hamil yang Bisa Dilakukan Saat Mengalami Stres

POS-KUPANG.COM--Kepoin, 5 Persiapan Ibu Hamil yang Bisa Dilakukan Saat Stres

Tidak hanya fisik, sebagai calon ibu juga perlu melakukan persiapan ibu hamil secara mental. 

 Anda sedang melakukan berbagai cara untuk hamil? Selain fisik, Anda juga perlu melakukan persiapan ibu hamil secara mental. Pasalnya, stres yang berlebihan bisa menyebabkan kemandulan.

Berdasarkan penjelasan dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, stres bisa membuat haid menjadi tidak teratur, sehingga menyulitkan penghitungan masa subur. Sedangkan pada pria, stres akan menurunkan kualitas sperma.

Selain itu, banyak peneliti mengungkapkan stres emosional dapat mempengaruhi ketidaksuburan pada pasangan suami-istri karena terjadi gangguan pada hormon hypothalamic-pituitary-adrenal (HPA) axis, yang berfungsi melepaskan sel telur dan membentuk sperma.

Maka dari itu, persiapan ibu hamil secara mental sangatlah dibutuhkan guna mencegah terjadinya ketidaksuburan. Adapun beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

Salurkan emosi secara tepat

Jangan biarkan diri Anda menahan emosi negatif secara berkepanjangan. Penelitian dari Universitas Penn State Amerika Serikat membuktikan, semakin sering seseorang merasakan emosi negatif, semakin lemah pula kekebalan tubuh mereka.

Lebih baik, salurkan emosi negatif Anda ke hal-hal yang bermanfaat. Misalnya saja dengan menulis. Menulis bisa menjadi terapi bagi Anda yang ingin mengungkapkan rasa sedih ataupun kesal. Selain itu, ceritakan keluh kesah Anda kepada orang terdekat. Saat stres, Anda membutuhkan sandaran dan tempat ‘curhat’ agar pikiran Anda dapat teralihkan.

‘Me time’ tidak ada salahnya

Halaman
123
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved