Breaking News:

4 Tahun Berturut-Turut Sikka Raih WTP, Menteri Keuangan Beri Penghargaan,Bupati Sikka: Terima Kasih

diserahkan Menteri keuangan RI melalui Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinis NTT, Lydia Kurniawati Christyana.

Penulis: Aris Ninu | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ARIS NINU
Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si dan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinis NTT, Lydia Kurniawati Christya saat penyerahan piagam penghargaan dari Menteri Keuangan RI atas pencapaian opini WTP selama  4 tahun berturut. 

4 Tahun Berturut-Turut Sikka Raih WTP, Menteri Keuangan Beri Penghargaan, Bupati Sikka Sampaikan Terima Kasih

POS-KUPANG.COM| MAUMERE--Empat tahun berturut-turut meraih pencapaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) karena laporan pertanggungjawaban keuangan, Pemkab Sikka menerima penghargaan dari Pemerintah Pusat melalui Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati. Penghargaan Menteri Keuangan kepada Pemkab Sikka yang diterima Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si di ruang kerja Bupati Sikka, Kamis (19/11/2020) siang ini disaksikan pimpinan OPD Sikka.

Yang mana penyerahan penghargaan atas prestasi penilaian BPK atas laporan keuangan Pemkab Sikka sejak 2016,2017,2018 dan 2019 ini diserahkan Menteri keuangan RI melalui Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinis NTT, Lydia Kurniawati Christyana.

Hadir bersama Lydia, Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Jamaluddin Ambo Dai dan Kepala KPPN Ende, Mat Hari. Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si atau sering disapa Bupati Robby Idong dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua jajarannya.

Yang mana penghargaan atas prestasi yang diraih Pemkab Sikka ini berkat kerja keras semua pihak sehingga Kabupaten Sikka berhasil mendapat penilaian WTP dari BPK RI atas laporan keuanga.

Bupati Robby menegaskan,  penghargaan yang diraih Sikka ini tentunya ada pengalaman-pengalama yang telah dilalui sehingga dari pengalaman itu dijadikan pembelajaran sehingga ada prestasi yang diraih. Bupati Robby mengatakan, proses meraih prestasi ini akan membuat Pemkab Sikka terus berupaya mempertahankan penilaian BPK RI agar bisa meraih WTP kelima lagi.

“Tentunya prestasi yang kita raih ini akan terus kita pertahankan agar tahun depan kita dapat mempertahankan opini WTP dari BPK RI,” ujar Bupati Robby. Ia mengisahkan, ada beberapa kejadian di mana ketika ada bencana di Kabupaten Sikka sehabis bencana ada yang terkena proses hukum dan dipenjara. Maka itu, pihaknya akan terus berbenah dan temuan-temuan harus segera diselesaikan sesuai catatan dari BPK RI.

Bupati Robby menegaskan, pihaknya juga memilikki kiat-kiat sehingga bisa meraih WTP yakni, pertama, tindaklanjut LHP BPK tahun-tahun sebelumnya. Kedua, meniadakan temuan yang bersifat material. Kertiga, pembenahan data aset secara menyeluruh termasuk penilaian aset yang ada sudah melampaui masa manfaat atau umur ekonomi aset bersangkutan.

Keempat, inventarisasi secara menyeluruh aset BOS. Kelima, selalu memperbaharui kebijakkan akuntansi sesuai perubahan regulasi sesuai perubaha regulasi pengelolaan keuangan daerah yang terbaru.

Bupati Robby mengungkapkan, sejak dikeluarkan  Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2005 Tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) maka Pemerintah Kabupaten Sikka melaksanakan proses persoalan dam pelaporan keuangan menggunakan standar akuntansi pemerintah berbasis cash.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved