Pilkada Mabar : KPU Gelar Debat Terbuka 1 Desember 2020

menggelar debat terbuka antar paslon bupati dan wakil bupati pada 1 Desember 2020 mendatang

Penulis: Gecio Viana | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/GECIO VIANA
Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Mabar, Krispianus Bheda Somerpes 

Pilkada Mabar : KPU Gelar Debat Terbuka 1 Desember 2020

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), akan menggelar debat terbuka antar paslon bupati dan wakil bupati pada 1 Desember 2020 mendatang, Jumat (13/11/2020).

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Mabar, Krispianus Bheda Somerpes mengatakan, debat terbuka tersebut dilaksanakan 1 kali dari maksimal 3 kali pelaksanaan karena beberapa alasan.

Alasan pertama, adalah alasan normatif, bahwa sebagai salah satu metode kampanye yang difasilitasi KPU, debat publik adalah salah satunya selain melalui alat peraga kampanye, bahan kampanye dan iklan media masa cetak dan elektronik radio. 

"Terkait itu KPU mempersiapkannya secara maksimal," ungkapnya.

Alasan kedua, KPU Kabupaten Mabar juga mesti realistis dengan ketersediaan anggaran.

"Kita memilih satu kali dengan melaksanakannya secara maksimal yang disesuaikan dengan kondisi riil ketimbang beberapa kali dengan kualitas rendah, padahal visi, misi dan program pasangan calon semuanya bagus dan berkualitas. Karena itu mesti dipersiapkan dengan baik agar pesannya tersampaikan," jelasnya.

Ketiga, selain dimaksudkan agar visi, misi dan program tersampaikan kepada publik pemilih, juga dimaksudkan agar pemilih mengetahui bagaimana pasangan calon menyampaikan visi, misi dan program tersebut, sehingga secara visual perlu dipersiapkan matang. 

"Artinya secara teknis KPU perlu matang memfasilisatinya agar bukan hanya tentang apa yang disampaikan agar dapat dicerna dan dipahami pemilih tetapi tentang bagaimana disampaikan itu dilihat pemilih. Kita mau menyajikan itu, publik pemilih mesti menangkap kedua-duanya," ujarnya.

Alasan keempat, untuk itu semua KPU akan melakukan promosi maksimal bukan hanya tentang hari dan tanggal debatnya untuk dapat disaksikan publik secara live tetapi juga melalui website dan akun media sosial KPU, KPU akan menyebarluaskan visi, misi dan program pasangan calon.

"Itu beberapa alasan yang dapat saya sampaikan. Beberapa informasi lain yang dapat disampaikan adalah bahwa publik pemilih juga dapat memberikan masukan dan pertanyaan untuk mempertajam visi dan misi pasangan calon. KPU, bersama tim penyusun materi akan mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk kemudian diramu dan disampaikan atau diteruskan kepada pasangan calon pada debat nanti," bebernya.

Sementara itu, tim penyusun materi debat terbuka adalah dosen Fakultas Ilmu sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Fransiskus Agustinus Jalong dan RD. Silvianus Musmulyadi Mongko, Pr, pastor, alumni Lemhanas dan penulis.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana)

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved