Penanganan Covid

Ini Jumlah Kontak Erat dengan Pasien Positif Covid-19 di Sumba Timur

Orang yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19 sebanyak 805. Kontak erat ini semuanya telah mengikuti pemeriksaan swab

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Orang yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19 sebanyak 805. Kontak erat ini semuanya telah mengikuti pemeriksaan swab.

Informasi yang diperoleh, Kamis (12/11/2020) menyebutkan, total kontak erat di Sumba Timur sampai saat ini mencapai 805. Kontak erat itu merupakan hasil pelacakan tim dari satuan tugas percepatan dan pencegahan Covid-19.

Saat ini masih terdapat sembilan sampel swab dari Kabupaten Sumba Timur yang belum diperiksa. Sebelumnya, sampel ini dikirim untuk diperiksa di Laboratorium Biologi Molekuler RSUD WZ Johannes Kupang. Total sampel yang dikirim seluruhnya sampai sekarang berjumlah 1.265:sampel.

Baca juga: TNI Temukan 10 Karung Pakan Ternak Dekat Batas Negara RI-RDTL

Total sampel yang dikirim selama ini untuk diperiksa sebanyak 1.265;sampel. Dari jumlah itu, 1.214 sampel dinyatakan negatif, 42 sampel positif dan sembilan sampel belum ada hasil.

Sesuai data dari Posko Percepatan Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease ( Covid-19) Kabupaten Sumba Timur, bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) di Laboratorium Biologi Molekuler RSUD Johannes Kupang, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumba Timur sebanyak 30 orang. Dari jumlah itu, 22 orang telah sembuh, dua orang meninggal dunia dan enam masih dirawat di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu.

Baca juga: Kisah Siswa SMKN 1 Aimere, Ikut Lomba LKS Tingkat Nasional Hingga Raih Penghargaan Khusus

Sementara jumlah pelaku perjalanan di Sumba Timur sudah mencapai 21.142. Pada Rabu (11/11/2020) ada penambahan pelaku perjalanan sebanyak 160 orang.

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana mengatakan, kasus Covid-19 di Indonesia setiap hari selalu bertambah, termasuk di NTT.

Karena itu, masyarakat harus tetap patuh pada protokol kesehatan.

"Tidak ada cara lain, ke uali kita taat protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," kata Chrisnawan.

Catatan Redaksi:
Bersama-kita lawan virus corona. POS-KUPANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.
Ingat pesan ibu, 3M: Wajib memakai masker;
Wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan; Wajib mencuci tangan dengan sabun. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved