PLN Gelar Pelatihan Pengolahan Frozen Food

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTT melalui Program PLN Peduli menyelenggarakan Pelatihan Pengolahan Frozen Food

Penulis: F Mariana Nuka | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/PLN NTT
PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur melalui Program PLN Peduli menyelenggarakan Pelatihan Pengolahan Frozen Food bertempat di Kantor Lurah Lumbukore, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur selama dua hari, yakni 5 dan 6 November 2020 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur ( Wilayah NTT) melalui Program PLN Peduli menyelenggarakan Pelatihan Pengolahan Frozen Food.

Pelatihan menggunakan bahan dasar hasil laut di Pulau Sumba ini melibatkan kelompok pemberdayaan perempuan di Kelurahan Lumbukore, Sumba Timur yang merupakan penerima CSR ini.

Kegiatan bertempat di Kantor Lurah Lumbukore, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur selama dua hari, yakni 5 dan 6 November 2020.

Baca juga: Peduli Olahraga Badminton di NTT, PB Reformasi Minta Dukungan Pemerintah

Bantuan diserahkan langsung oleh Manager PLN UP3 (Unit Pelaksanan Pelayanan Pelanggan) Sumba Made Hary Palguna kepada Lurah Lumbukore Marlin Weo.

Dalam sambutannya Made menyampaikan bahwa kegiatan itu merupakan bentuk kepedulian PLN dalam meningkatkan kompetensi Ibu dan pemberdayaan perempuan di Kelurahan Lumbukore di tengah masa pandemi.

Baca juga: Kisah Karmelita Menjadi Ketua DPRD Sehari di Nagekeo

"Kiranya materi yang didapatkan dapat dimanfaatkan untuk peningkatan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan potensi hasil laut yang ada. Harapan kami dengan adanya pelatihan ini ekonomi rumah tangga mengalami peningkatan, ekonomi Kabupaten Sumba Timur juga mengalami peningkatan dapat lebih mandiri dalam menyediakan bahan makanan untuk masyarakat," urai Made dalam rilis yang diterima dari Humas PLN NTT.

"Saya berharap pelatihan pengolahan frozen food ini kedepannya dapat diaplikasikan sehingga meningkatkan pemberdayaan perempuan serta meningkatkan ekonomi rumah tangga di Kecamatan Umalulu," kata Sekretaris Camat Umalulu, Benyamin Kiha.

"Kami sangat berterima kasih kepada PLN karena di masa pandemi ini saat anggaran pemerintah difokuskan pada Covid dan penanganannya, PLN tetap mengalokasikan anggarannya untuk membantu perekonomian masyarakat melalui berbagai macam pelatihan. Kami rasa bantuan pelatihan pengolahan frozen food ini sangat baik, dikarenakan masih besarnya pelung pasar untuk produk olahan ikan di Sumba Timur. Semoga kegiatan semacam ini dapat diikuti oleh BUMN lain sesuai dengan tanggung jawab sosialnya," ujar Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga kerja Niko Pandarangga.

Salah seorang peserta pelatihan pengolahan Frozen Food dari Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumba Timur, Ida Ndapa mengungkapkan rasa syukur dan bersemangat mengikuti pelatihan ini sejak diinformasikan akan adanya pelatihan di desa Lumbukore.

"Ini adalah salah satu upaya nyata PLN dalam memastikan perempuan Indonesia dari berbagai latar belakang dan umur untuk dapat mandiri dan berdiri sendiri dalam usaha menopang ekonomi rumah tangga kedepannya," katanya.

Hal senada disampaikan juga oleh Rambu selaku peserta pelatihan dari PKK Lumbukore.

"Kami melihat secercah harapan untuk membangkitkan industri rumah tangga ibu PKK desa Lumbukore, dimana kami masyarakat memiliki penghasilan alam yang memadai tapi masih minim pegelolaan, diantaranya seperti hasil laut yang melimpah ini," ungkapnya.

Pada pelatihan ini peserta diajarkan berbagai resep seperti nugget ikan, tahu bakso, siomay, lumpia, dimsum dan otak otak, dengan bahan dasar hasil laut menjadi frozen food.

"Dengan adanya pelatihan ini maka hasil laut yang merupakan potensi utama di kelurahan lumbukore dapat diolah menjadi produk yang tahan lama dengan nilai ekonomis lebih tinggi, dengan begitu ekonomi rumah tangga di Kelurahan Lumbukore dapat meningkat," tutup Made.

Adapun sebanyak 20 peserta mengikuti acara pelatihan yang didukung oleh PLN bersama dengan Pemda (Pemerintah Daerah) Kabupaten Sumba Timur, LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan) Anugerah Anak Sumba dan Go UKM Training Center. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Intan Nuka)

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved