Penanganan Covid

Dinkes Sumba Timur Minta Masyarakat Jangan Hanya Fokus Kasus Covid-19

Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur meminta masyarakat agar jangan hanya memfokuskan perhatian pada kasus Corona ( Covid-19

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana 

POS-KUPANG.COM |WAINGAPU - Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur meminta masyarakat agar jangan hanya memfokuskan perhatian pada kasus Corona Virus Disease ( Covid-19).

Kasus-kasus lain seperti Demam Berdarah Dengue (DBD), Malaria dan diare harus diwaspadai pula.

Hal ini disampaikan Kepala Dinkes Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana, Sabtu (7/11/2020).

Menurut Chrisnawan, saat ini wilayah Sumba Timur juga memasuki awal musim hujan atau pancaroba, yang mana biasanya selalu saja muncul berbagai penyakit.

Baca juga: Fosmab Adakan RUA, Simpli Taek : Siapapun yang Terpilih Pasti Ada Dinamikanya

"Karena itu, kita minta masyarakat jangan hanya fokus pada Covid-19 saja, tetapi juga perhatikan soal kasus lain seperti DBD, malaria dan diare serta penyakit lainnya," kata Chrisnawan.

Dijelaskan, seluruh komponen masyarakat janha mengabaikan kasus atau penyakit-penyakit yang sering muncul ketika awal musim hujan.

Baca juga: PLN Gelar Pelatihan Pengolahan Frozen Food

"Biasanya ketika ada pergantian musim, maka selalu saja ada kasus DBD , malaria dan diare. Penyakit-penyakit ini berkaitan dengan adanya vektor atau pembawa," katanya.

Dikatakan, untuk kasus DBD, tahun 2019, Kabupaten Sumba Timur tercacat kasus terbanyak DBD,bahkan terkategori kejadian luar biasa yang mana terdapat kasus kematian.

Chrisnawan mengatakan, pasa tahun lalu kasus DBD di Sumba Timur mencapai 895 kasus dengan 18 kematian.

Sedangkan tahun 2020 ,kasus DBD sebanyak 146 dengan tidak ada kasus meninggal dunia.

Tentang upaya pencegahan, ia mengakui, upaya pengendalian di masyarakat dengan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yakni membuang sisa- sisa air di kaleng atau media-media yang dapat menampung air.

"Jadi sejak awal tahun kita sudah gencar sosialisasi supaya masyarakat lakukan PSN dan memang cukup memberikan hasil," ujarnya.

Catatan Redaksi:
Bersama-kita lawan virus corona. POS-KUPANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.
Ingat pesan ibu, 3M: Wajib memakai masker;
Wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan; Wajib mencuci tangan dengan sabun. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved