Breaking News:

Berita Kupang Terkini

Dinas Dikbud Kupang Serius Perangi Masalah Stunting

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) setempat, sangat serius dalam upaya

Penulis: Edy Hayong | Editor: Ferry Ndoen
istimewa
Kegiatan workshop pencegahan stunting bagi pendidik PAUD dan orang tua yang diselenggarakan Dinas Dikbud Kupang, Jumat (6/11).   

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edy Hayong

POS-KUPANG.COM I KUPANG--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) setempat,  sangat serius dalam upaya memerangi masalah  stunting.

Hal ini dibuktikan dengan penyelenggaraan  kegiatan workshop pencegahan stunting bagi pendidik PAUD dan orang tua yang diselenggarakan,  Jumat (6/11).

Ketua Panitia Penyelenggara, Sem Adu dalam laporanya mengatakan kegiatan digelar bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pendidik PAUD dan orang tua tentang pentingnya pencegahan stunting.

Output dari kegiatan ini, jelas Sem, untuk  meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kepedulian pendidik PAUD dan orang tua tentang stunting.

Selain itu,  menggugah rasa kepedulian para pendidik PAUD dan orang tua tentang asupan gizi bagi anak - anak serta mendorong berbagai upaya penanganan stunting ditingkat penyelenggaraan PAUD.Kegiatan diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari Pendidik PAUD dan orang tua.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kupang, Emanuel M.E Buan dalam sambutan membuka kegiatan workshop mengatakan, stunting itu bukan soal faktor keturunan tapi stunting terjadi karena kurangnya asupan gizi bagi bagi anak sejak dalam kandungan hingga 100 hari pertama kelahirannya.

Stunting kata dia, dapat diatasi dengan memberi asupan gizi yang cukup kepada anak. Gizi yang baik tidak harus mahal, dilingkungan sendiri terdapat sumber - sumber makanan bergizi yang dapat diolah untuk memenuhi kebutuhan gizi anak - anak.

"Dengan gizi yang baik, pertumbuhan fisik dan perkembangan motorik, intelegensi dan emosional anak jadi baik," ujar Buan.

Ia mengatakan, Dinas Dikbud Kupang dalam kebijakan penyelenggaran PAUD untuk mencegah stunting fokus kepada tiga bagian penting yakni   Orang tua, masyarakat dan lembaga - lembaga di sekitar lembaga PAUD (Parenting).

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved