Breaking News:

Wali Kota Kupang Canangkan Pembangunan Zona Integritas di Lingkup Pemerintah Kota Kupang

Wali Kota Kupang canangkan pembangunan zona integritas di lingkup Pemerintah Kota Kupang

Penulis: Yeni Rachmawati | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Yeni Rachmawati
Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore dan Pimpinan OPD menandatangani prasasti sebagai Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Kupang, Kamis (5/11/2020) 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Pembangunan zona integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Pemerintah Kota Kupang adalah implementasi dari Permenpan dan RB Nomor 10 tahun 2019 tentang perubahan atas Permenpan dan RB nomor 52 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan birokrasi pemerintah yang bebas dari korupsi bersih dan melayani.

Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, dalam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas tersebut, di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Kupang, Kamis (5/11/2020), menyampaikan keberhasilan pembangunan zona integritas sangat ditentukan oleh masing-masing aparatur yang turut berperan dalam peningkatan kapasitas dan kualitas integritas dalam organisasi.

Baca juga: Cek KATALOG PROMO Indomaret Hingga Akhir Pekan Minyak Goreng Murah Rp 20.900/2 L, Beli 2 Lebih hemat

Dimana individu tersebut berada dan melakukan kegiatannya zona integritas sendiri merupakan predikat yang diberikan pada instansi pemerintah yang pimpinan beserta jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Oleh karena itu, kata Jefri, pencanangan ini adalah langkah awal untuk mensukseskan reformasi birokrasi, dengan melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik efektif dan efisien.

Baca juga: Doa Sholat Maghrib Lengkap dengan Bacaan Dzikir Setelah Sholat Maghrib dan Sholat Fardhu Lainnya

Pencanangan ini juga merupakan salah satu syarat dari penilaian Mandiri reformasi birokrasi yang diamanatkan oleh Kementerian pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi birokrasi.

Dengan demikian melalui hal tersebut diharapkan setiap perangkat daerah dan aparatur nya memiliki akuntabilitas dan kualitas kinerja yang semakin baik, sehingga harapan publik terhadap pelayanan yang berkualitas, berhasil tuntas dan terukur serta mudah diakses dengan sendirinya akan terwujud.

Lanjutnya, salah satu tahapan membangun zona integritas adalah dengan melakukan pencanangan zona integritas yang merupakan bentuk pernyataan pemerintah daerah bahwa perangkat daerah siap menyandang predikat zona integritas.

Setelah pencanangan ini, kata Jefri, perangkat daerah sebagai unit zona integritas harus menyiapkan rencana aksi yang konkrit sesuai Permenpan dan RB Nomor 10 tahun 2019.

Ia menegaskan pencanangan pembangunan zona integritas ini merupakan upaya penting yang harus ditanggapi secara serius khususnya oleh para pimpinan perangkat daerah dan jajarannya masing-masing, karena mencerminkan tekad dan komitmen kita bersama untuk menjadikan pemerintah Kota Kupang menjadi zona yang integritas.

"Saya juga mengajak kepada semua pihak baik masyarakat maupun stakeholder lainnya untuk dapat memberikan dukungan dan bersinergi dalam melaksanakan tugas untuk mewujudkan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM," tuturnya.

Pencanangan ini disaksikan dan dihadiri Kapolres Kupang Kota, Sekretaris Daerah Kota Kupang, Pimpinan OPD linkup Pemerintah Kota Kupang, para Camat dan Dharm Wanita.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati).

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved