Breaking News:

Berita Belu Terkini

Pemkab Belu Biayai Pembangunan Rumah Korban Bencana di Kabuna, Simak Penjelasan

Pemerintahkan Kabupaten Belu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan membiayai pembangunan rumah para kor

POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
PLT KADIS---Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Belu, Balthasar Bouk 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| ATAMBUA----Pemerintahkan Kabupaten Belu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan membiayai pembangunan rumah para korban bencana puting beliung di Desa Kabuna, Kecamatan Kakuluk Mesak.

Dari pendataan BPBD Kabupaten Belu tercatat 11 unit rumah yang rusak akibat diterpah puting beliung yang terjadi, Rabu (28/10/2020).

Pemerintah juga sudah memberikan bantuan logistik yang disalurkan pasca kejadian itu seperti, terpal, bahan makanan dan minuman dan peralatan rumah tangga.

Hal ini dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belu, Balthasar Bouk saat dikonfirmasi Pos Kupang.Com, Selasa (3/11/2020).

Menurut Balthasar, selain bantuan logistik darurat, pemerintah juga akan melanjutkan dengan rehabilitasi rumah para korban. Hal ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Belu kepada korban bencana.

"Sabtu lalu kami sudah rapat dengan pak penjabat bersama dengan Dinas PUPR bahwa intinya pemerintah membantu mengurangi beban warga dengan membangun baru rumah yang rusak" kata Balthasar yang didampingi Kabid Kedaruratan, Egidius Manek.

Lanjut Balthasar, saat ini BPBD sementara menghitung anggaran yang dibutuhkan pembangunan 11 unit rumah korban bencana. Setelah dihitung akan disampaikan kepada Pjs. Bupati Belu. Berkaitan dengan Covid-19, bantuan bencana seperti ini tetap menggunakan anggaran dari pos bantuan tak terduga yang ada di kas daerah.

"Kemarin staf saya sudah turun lagi ke lapangan untuk mendata lebih dalam lagi, kira-kira kalau rumah 5x6 itu biayanya berapa supaya kita hitung dan kita sampaikan ke pak penjabat", kata Balthasar yang didampingi Kabid Kedaruratan, Egidius Manek.

Kata Balthasar, niat pemerintah untuk membangun 11 rumah tersebut mendapat respon positif dari para korban bencana dan mereka siap membantu pembangunan secara gotong royong bersama warga sekitar. (jen).

PLT KADIS---Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Belu, Balthasar Bouk
PLT KADIS---Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Belu, Balthasar Bouk (POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS)
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved