Breaking News:

Berita Kota Kupang Terkini

Program Tanam Pohon Pemerintah Kota Kupang Hampir 100 Persen

dari 1.308 pohon tidak bisa dipastikan 100 persen pohon tersebut hidup. Karena bergantung dari berbagai faktor, salah satunya faktor cuaca, bencana d

PK/Yen
Yeri Padji Kana 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Program tanam pohon Pemerintah Kota Kupang saat ini sekira 80-an persen atau 1000-an pohon yang sudah ditanam untuk menghijaukan kota Kupang dari total 1.308 pohon.

Pemerintah Kota memilih untuk menanam pohon daripada anakan karena dengan iklim kota Kupang bila menanam anakan maka 50 persen saja yang hidup.

Selain itu di kota Kupang masih banyak ternak warga yang berkeliaran sehingga umur anakan yang ditanam di kota tidak akan lama.

Lanjutnya, Kata Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Kupang, Yeri Padji Kana, kepada POS-KUPANG.COM, Selasa (20/10), pohon ditanam agar bisa segera menghijaukan dan menyejukkan kota Kupang. Tak hanya itu pohon yang bertumbuh besar bisa menampung air tanah.

Diakuinya, dari 1.308 pohon tidak bisa dipastikan 100 persen pohon tersebut hidup. Karena bergantung dari berbagai faktor, salah satunya faktor cuaca, bencana dan lainnya. Karena pohon ini ditanam di area-area publik, sepanjang pinggir jalan jalur kota Kupang untuk memberikan keteduhan kepada masyarakat kota Kupang.
Pohon-pohon yang ditanam ialah trambesi, sepe, ketapang kencama, beringin, angsana dan taduk. Dengan harga per pohon bervariasi tergantung jenisnya, ada yang seharga Rp 1 juta, Rp 2 juta.

"Hanya harga pohon tersebut bukan harga pohon, tapi dilengkapi dengan berbagai item. Seperti lubang, tongkat penyangga, kawat, tanah, pupuk dan item lainnya," tuturnya.

Rencananya program tanam pohon yang dikerjakan oleh pihak ketiga selesai pada tahun ini. Namun PHO bisa dilakukan bulan ini atau akhir tahun, tergantung dari pekerjaanyang dilakukan.

"Kemungkinan akan dilakukan PHO tapi harus diperiksa agar pihak ketiga dapat mempersiapkan dengan baik. Bila pohon mati dan belum PHO maka menjadi tanggung jawab pihak ketiga," tuturnya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati).

Yeri Padji Kana
Yeri Padji Kana (PK/Yen)
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved