Breaking News:

Berita Kupang Hari Ini

Penyaluran Air Bersih Gratis Masih Terus Berlangsung, Lama Antrean Jadi Kendala

Sejak 16 Oktober BPBD Kota Kupang telah menyalurkan bantuan air bersih gratis kepada warga kota

Penyaluran Air Bersih Gratis Masih Terus Berlangsung, Lama Antrean Jadi Kendala
POS-KUPANG.COM/Yeni Rachmawati
Kepala Pelaksana BPBD Kota Kupang, Maxi Jemy Deerens Didok

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Sejak 16 Oktober Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kota Kupang telah menyalurkan bantuan air bersih gratis kepada warga kota. Sampai saat ini pendistribusian air bersih ke kelurahan-kelurahan masih terus berlangsung.

Kepaka Pelaksana BPBD Kota Kupang, Maxi Jemy Deerens Didok, kepada POS-KUPANG.COM, Senin (19/10), menyampaikan Pemerintah Kota Kupang melalui BPBD Kota Kupang akan menyalurkan 2100 tanki air, dimana 500 tanki dari anggaran murni dan pada perubahan anggaran 1600 ditambah dengan tandon 5 ton sebanyak 90 tandon.

Baca juga: Warga Kesulitan Air, Aksi Sosial PD INTI NTT Bagikan Air Bersih dan Sembako

Kata Maxi untuk 1.600 tanki dan 90 tandon masih ditenderkan dengan anggaran perubahan Rp 1 miliar.
Sejak pertama, diakuinya, dalam penyaluran air dihadapkan dengan kendala. Karena lamanya antrian yang berjam-jam di tempat pengisian air di Oesapa. Selain itu juga armada kepunyaan BPBD hanya empat unit.

Sehingga butuh waktu untuk pendistribusian ke kelurahan-kelurahan beberapa kali, karena lamanya antrian. Tetapi selalu diusahakan satu hari bisa menyalurkan di beberapa kelurahan tergantung lamanya waktu antrian.

Baca juga: Dinkes Kabupaten Mabar Siap Ambil Puluhan Sampel Swab

Dibertakan sebelummya BPBD mulai menyalurkan bantuan air bersih Pemerintah Kota Kupang kepada warganya. Bantuan air bersih gratis ini diberikan kepada 2.100 KK yang ada di 51 kelurahan.

BPBD telah menyalurkan air bersih gratis secara perdana di RT 2, 4, 7 dan 17 Kelurahan Nunhila. Kemudian dengan kekuatan empat armada milik BPBD, air bersih hari ini juga disalurkan di kelurahan Nefonaek, Oesapa Barat dan Lasiana.

Besok dan seterusnya BPBD akan terus menyalurkan air bersih di 51 kelurahan dengan data verifikasi dari masing-masing kelurahan.

Jadi, kata Maxi bantuan ini diberikan kepada warga yang betul-betul kesulitan untuk memperoleh air bersih yang diverifikasi oleh pihak kelurahan untuk mengantisipasi kekeringan dua bulan kedepan.

"Rata-rata warga tidak punya bak penampung sehingga disepakati salah satu yang punya bak penampung bisa dipakai lima sampai 10 kk dalam satu RT. Seperti di Nunhila, satu RT ada 8 sampai 10 KK yang menggunakan air gratis ini," tuturnya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati).

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved