Breaking News:

Desa Naekasa Masuk Nominasi Lomba Perpustakaan Umum Desa Tingkat Nasional

Desa Naekasa, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Provinsi NTT masuk nominasi sebagai desa terbaik dalam ajang perlombaan Perpustakaan Umum

POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Pembukaan lomba Perpustakaan Umum Desa /Keluarahan di Tingkat Nasional secara daring yang bertempat di Desa Naekasa, Kamis (8/10/2020). 

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Desa Naekasa, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Provinsi NTT masuk nominasi sebagai desa terbaik dalam ajang perlombaan Perpustakaan Umum Desa /Keluarahan di Tingkat Nasional.

Desa Naekasa mewakili 20 ribu desa se-Indonesia. Desa Naekasa dinilai bagus dalam hal pengelolaan dan koleksi bahan baca sebanyak 3.000 buku.

Hal ini disampaika Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Stefanus I. Ratoe Oedjoe saat membuka kegiatan Lomba Perpustakaan Umum Desa/ Kelurahan Terbaik Tingkat Nasional yang dilakukan secara Daring/Virtual di Aula Kantor Desa Naekasa Kecamatan Tasifeto Barat Kabupaten Belu, Kamis (8/10/2020).

16 Anggota TNI Kodim Manggarai Positif Covid-19 Masih Jalani Karantina di Wisma Atlet Golo Dukal

Stefanus didampingi Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Belu, Drs. Alfredo Pires Amaral dan Kepala Desa Naekasa, Gabriel Manek.

Stefanus mengatakan, pelaksanaan lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Terbaik Tingkat Nasional ini sesuai dengan UUD 1945, sebagai upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa secara terus menerus dan berkesinambungan. Hal ini dipertegas sesuai UU Nomor 43 Tahun 2017 tentang Perpustakaan.

Pjs Bupati Ngada Minta Masyarakat Tenang dan Jangan Panik

Sebagai pusat penggelola dan sumber informasi bagi masyarakat , pemerintah berkewajiban untuk membangun dan mengembangkan program masyarakat desa kelurahan. Hal ini sejalan dengan program revitalisasi dengan mewujudkan masyarakat gemar membaca, sehingga tercipta masyarakat yang cerdas.

Katanya, Lomba Perpustakaan Desa /Kelurahan secara nasional ini sebagai wujud partisipasi Pemerintah Daerah dan kelembagaan Perpustakaan serta mewujudkan kegemaran masyarakat dalam membaca dan bisa melatih masyarakat dalam berpikir, memiliki wawasan yang luas dengan memanfaatkan Perpustakaan Desa yang ada.

Untuk diketahui, dalam perlombaan tersebut dilakukan pemaparan atau presentasi secara virtual oleh Kepala Desa dan Pengurus Perpustakaan Desa di hadapan Tim Juri.
Perpustakaan Desa Naekasa mengoleksi 3.000 eksemplar buku dari berbagai sumber dan dikelola dua orang petugas.

Kegiatan Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Terbaik Tingkat Nasional yang dilakukan secara Daring /Virtual ini bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan di Perpustakaan Desa /Kelurahan yang mempunyai tugas pokok dalam melaksanakan misi, fungsi dan tugas pelayanan perpustakaan di wilayah desa/kelurahan serta untuk mengembangkan pola layanan perpustakaan bagi masyarakat di sekitar. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved