Breaking News:

Jawab Keresahan Warga, Lurah Oeba Bersama Satgas Covid-19 Kelurahan Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Hal ini dilakukan untuk menjawab keresahan warga akibat meningkatnya jumlah pasien Covid-19 di Kota Kupang.

Penulis: Michaella Uzurasi | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/MICHAELLA UZURASI
Lurah Oeba, Geregorius E. Rohi, S.STP 

Jawab Keresahan Warga, Lurah Oeba Bersama Satgas Covid-19 Kelurahan Lakukan Penyemprotan Disinfektan

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Lurah Oeba, Geregorius E. Rohi, S.STP bersama tim satuan tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Kelurahan Oeba, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah RT 06 / RW 02 pada Minggu (04/10/2020).

Hal ini dilakukan untuk menjawab keresahan warga akibat meningkatnya jumlah pasien Covid-19 di Kota Kupang.

"Ini untuk menjawab keresahan masyarakat agar jangan panik.
Sebenarnya tugas kita satgas itu melakukan edukasi kepada masyarakat supaya masyarakat ini tidak panik" kata Geregorius.

Ia melanjutkan, hal ini juga dilakukan agar warganya punya rasa aman dan tidak terpengaruh dengan berita - berita bohong.

"Saat kita hadir, mereka lebih punya rasa aman dan yakin bahwa pemerintah dan satgas sudah melakukan tugas dengan baik sehingga mereka tidak perlu takut dengan opini - opini atau mungkin berita - berita hoax, dan tidak benar" ujarnya.

"Kita datang, kita hadir untuk bisa meluruskan itu semua, dan juga menegaskan bahwa pemerintah hadir untuk menangani hal - hal seperti ini" lanjutnya lagi.

Tim yang melakukan penyemprotan berasal dari satgas kelurahan, Puskesmas Pembantu (Pustu) Oeba, Koramil dan RT setempat. Penyemprotan dilakukan dari pagi hingga sore hari.

"Satgas di kelurahan itu ada dua tingkatan yaitu satgas kelurahan dan satgas tingkat RT. Jadi hari ini kami membantu satgas tingkat RT untuk melakukan penyemprotan, membagi masker, juga memberikan edukasi lewat selebaran ini dari Pustu kepada masyarakat sehingga bisa menjadi media supaya mereka tau tentang Covid-19 ini" urai Geregorius.

Kegiatan ini, kata Geregorius, merupakan kegiatan dari satgas kelurahan yang mempunyai kewenangan dan tanggung jawab untuk pengamanan wilayah.

"Tugas kita sebenarnya hanya lebih ke penanganan dan menyangkut edukasi kepada masyarakat. Saya juga dibantu dari Pustu Oeba untuk memberikan edukasi melalui selebaran - selebaran" ujarnya.

Ia juga melanjutkan, pihaknya ingin membuat kegiatan sosialisasi namun karena protokol kesehatan tidak memperbolehkan untuk berkumpul, maka dipilih selebaran untuk menyebarkan informasi mengenai Covid-19 dan penanganannya kepada masyarakat.

Geregorius juga berpesan agar masyarakat, terutama warganya tidak perlu takut berlebihan karena dari segi penanganan medis sendiri sudah dilakukan oleh tim medis.

CEK! 2,4 Juta Pekerja Batal Dapat BLT Rp 600 Ribu, Cek Data Peserta BSU BPJS Login kemnaker.go.id

Kepala Cabang PT Jasa Raharja NTT: 35% Korban Lakalantas di NTT Tulang Punggung Keluarga

Dinas Pertanian dan Pangan Sumba Timur Berhasil Kendalikan Belalang di Kahali dan Nggoa

"Dan kita pemerintah kelurahan dan RT itu punya kewajiban untuk pengamanan wilayah dalam artian menangkal berita - berita hoax, memberikan rasa aman kepada masyarakat, memberikan edukasi kepada masyarakat kita lakukan dengan cara - cara seperti ini walaupun terkesan kecil tapi paling tidak ini bisa sedikit membantu memberikan rasa aman" tutupnya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Michaella Uzurasi)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved