Presiden Jokowi Kunjungi Labuan Bajo

Proyek Penataan KSPN di Labuan Bajo, Gubernur Viktor Sebut Presiden Jokowi Top

Proyek Penataan KSPN di Labuan Bajo, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat Sebut Presiden Jokowi Top

Penulis: Robert Ropo | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Presiden Jokowi berbincang dengan gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat Kunker di Labuan Bajo 

Proyek Penataan KSPN di Labuan Bajo, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat Sebut Presiden Jokowi Top

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO - Presiden RI Ir H.Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Propinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT), Kamis (1/10/2020). Kunker di Provinsi NTT Presiden Jokowi meninjau sejumlah lokasi proyek pembangunan penataan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional ( KSPN) Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Presiden Jokowi didamping Gubernur Viktor dan rombongan meninjau proyek penatataan Kuliner Kampung Ujung, kemudian meninjau proyek jalan dan trotoar di jalan Soekarno-Hatta. Selanjutnya meninjau proyek Sarpras di Pelabuhan Pelni Labuan Bajo

Di lokasi tersebut, Presiden meninjau perkembangan penataan kawasan setempat melalui pembangunan dan penataan jalan, pedestrian, tepi pantai, serta drainase pendukung.

Penjabat Bupati Silaturahmi ke DPRD Minta Dukungan Sukseskan Pilkada

"Di situ kita tata trotoarnya, pelabuhan lama yang semuanya kita rombak, kita pindah ke pelabuhan yang baru di Wae Kelambu. Kita harapkan tahapan yang pertama akan selesai di akhir tahun 2020 kemudian tahapan kedua akan selesai di tahun 2021,"ungkap Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi saat Tinjau Pelabuhan Pelni Labuan Bajo
Presiden Jokowi saat Tinjau Pelabuhan Pelni Labuan Bajo (POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA)

Selanjutnya presiden Jokowi bersama rombongan bergerak meninjau pembangunan kawasan dan sarana gedung di obyek wisata Batu Cermin Labuan Bajo. Terkait peninjauan kawasan dan sarana gedung di Batu Cermin yang berjarak kurang lebih 5,3 kilometer dari lokasi Kampung Ujung Labuan Bajo. Kegiatan penataan di lokasi tersebut telah dimulai pelaksanaannya pada 16 Maret 2020 lalu. Saat ini perkembangan penataan telah mencapai 47 persen dan akan terus berproses ke depannya.

KABAR GEMBIRA: Satu Lagi Pasien Covid-19 di Sumba Timur Sembuh

"Di sini memang dibangun di titik-titik kawasan yang telah ditentukan, yang telah direncanakan tahun yang lalu. Ini sudah dimulai, seperti sekarang yang kita lihat ini di kawasan Batu Cermin yang sudah dimulai seperti ini,"Ungkap Presiden Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi dan rombongan terbatas juga sejenak meninjau proyek pembangunan terminal multifungsi yang berada di daerah Wae Kelambu. Terminal tersebut nantinya akan fokus dan diperuntukkan untuk mendukung aktivitas bongkar muat peti kemas kapal.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat kepada POS-KUPANG.COM mengatakan dengan perhatian Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden RI Joko Widodo untuk mendukung pariwisata super premium di Labuan Bajo yakni pembangunan penataan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo tentu sangat bagus atau top.

Dikatakan Gubernur Viktor, semua item proyek pembangunan untuk KSPN itu nilainya mencapai Rp 3 triliun.

Karena itu, Gubernur Viktor mewakili masyarakat NTT menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini presiden RI Jokowi. "Terima kasihlah kepada Pak Jokowi. Top markatop,"ujar Gubernur Viktor.

Ketika ditanya terkait kesiapan masyarakat NTT menyambut wisata super premium Labuan Bajo, kata Viktor, ia akan mendorong masyarakat untuk bisa mensuplai bahan pangan, sayuran, daging, telur agar tidak didatangkan dari luar tapi dari masyarakat NTT sendiri, sebab jika didatangkan dari luar tentu masyarakat tetap akan miskin.

Sementara itu, ketika ditanya bagaimana dengan perhatian di Kabupaten lain di Pulau Flores, kata Gubernur Viktor, dengan adanya pembangunan pariwisata super premium Labuan Bajo, tentu juga menarik semua termasuk kabupaten lain di Flores bahakan sampai Lembata. Sebab ini mempunyai multiplayer efek yang luar biasa kesana.

"Jadi tidak mungkin gara-gara hanya bangun di Labuan Bajo, tapi ini punya multiplayer efek yang luar biasa untuk daerah lainya juga,"pungkas Gubernur Viktor. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved