Corona Sumba Timur - Pasien ke-20 Tidak Ada Kaitan dengan Kunjungan Gubernur ke Karera

Pasien ke-20 terpapar Corona Virus Disease ( Covid-19) di Sumba Timur tidak ada kaitannya dengan kunjungan kerja Gubernur NTT

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Pasien ke-20 terpapar Corona Virus Disease ( Covid-19) di Sumba Timur tidak ada kaitannya dengan kunjungan kerja Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat ke Kecamatan Karera, tanggal 8 September 2020 lalu.

Pasalnya, pada tanggal 3 September 2020, pasien ke-20 positif Covid-19 itu sudah kontak dengan pasien ke-21.

Informasi yang diperoleh POS-KUPANG.COM di Waingapu, Senin (28/9/2020), isu soal terpaparnya Covid-19 yang dialami pasien ke-20 sempat dikaitkan dengan kunjungan kerja Gubernur NTT.

BOPLBF Gelar Pelatihan Resin Bagi Pelaku Industri Kreatif di Flores

Isu ini makin menyebar ketika adanya kasus positif Covid-19 yang berasal dari Desa Karipi, Kecamatan Matawai La Pawu. Apalagi, yang bersangkutan sempat hadir pada acara kunjungan kerja gubernur tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana mengatakan, secara kronologi terpaparnya pasien ke-20 dan juga pasien ke-21, maka tidak ada kaitan dengan kunjungan kerja gubernur NTT di Sumba Timur, khususnya di Karera.

Antara Sehat dan Ekonomi

"Secara kronologi waktu, bahwa pada tanggal 3 September 2020, pasien ke-20 positif Covid-19 itu bertemu atau melakukan kontak dengan pasien ke-21 di kegiatan Posyandu," kata Chrisnawan.

Dijelaskan, setelah pasien ke-20 dinyatakan positif, tim melakukan pelacakan dan penelusuran terhadap kontak dan akhirnya dari hasil pemeriksaan swab ditemukan pasien ke-21.

"Dari situ barulah diketahui bahwa pasien ke-20 ini pernah kontak dengan pasien ke-21 ketika kegiatan Posyandu pada tanggal 3 September 2020," katanya.

Chrisnawan mengatakan, hal yang perlu diwaspadai saja ketika tanggal 8 September 2020 itu, pasien ke-20 mengikuti acara di Karera kemudian melakukan kontak dengan orang lain.

Untuk diketahui, saat ini kasus positif Covid-19 di Sumba Timur sebanyak 21 kasus. Ada 12 kasus telah sembuh ,dua kasus meninggal dunia dan tujuh masih dalam perawatan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved