Prajurit TNI Pengaman Perbatasan RI-RDTL Menunggal Bersama Rakyat

Personel Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider Khusus 744/SYB mewujudnyatakan slogan TNI manunggal bersama rakyat

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Personel Pos Asumanu Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider Khusus 744/SYB membantu mengolah lahan milik petani, Paulus di Asumanu, Jumat (26/9/2020). 

POS-KUPANG.COM| ATAMBUA - Personel Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider Khusus 744/SYB mewujudnyatakan slogan TNI manunggal bersama rakyat. Slogan ini mereka aktualisasikan dalam tugas sebagai pengaman perbatasan.

Mereka lebih mendekatkan diri dengan masyarakat atau manunggal bersama rakyat dalam setiap rutinitas tugas mereka. Seperti yang dilakukan personel Pos Asumanu, Jumat (25/9/2020). Sejumlah personel Pos Asumanu terjun ke kebun untuk membantu pemilik kebun yang sedang mengolah lahan untuk budidaya tanaman hortikultura.

Wabup Belu, JT Ose Luan Hadir Deklarasi Desa STBM

Dansatgas Yonif RK 744/SYB, Letkol (Inf) Alfat Denny Andrian mengatakan, tugas pokok satgas pamtas adalah menjaga wilayah perbatasan sebagai kedaulatan negara. Disamping tugas pokok itu, personel satgas pamtas juga melaksanakan kegiatan sosial kemanusian untuk membantu mengatasi kesulitan yang dirasakan masyarakat di perbatasan. Kegiata ini juga untuk mendukung pelaksanaan tugas satgas pamtas.

Dengan kegiatan yang telah dilakukan personel pos diharapkan mampu mempererat hubungan antara Personel Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB dengan masyarakat di wilayah penugasan serta meningkatkan ketahanan pangan warga desa di wilayah perbatasan.

Tak Patuhi Protokol Kesehatan dan Pembatasan Peserta Kampanye, Bawaslu Hentikan Kampanye

Menurut Alfat, personel Pos Asumanu yaitu, Pratu Renly, Pratu Yacob, Pratu Hidayatullah, Prada Niko, dan Praka Sula terjun ke lahan pertanian milik Paulus (46), warga Asumanu, Kabupaten Belu. Mereka membantu pemilik kebun untuk mengolah lahan pertanian.

Kegiatan serupa dilakukan Dankipur 2 Lettu (Inf) Ardian Purnama, S.T Han bersama dua orang personel Pos Turiskain. Mereka membantu petani di Maumutin, Kecamatan Raihat Kabupateb Belu yang sementara mengolah kebun jagung untuk persiapan musim tanam pertama tahun ini.

Sementara personel Pos Nunura membantu masyarakat memanen cabai di Desa Tohe, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu, Jumat (25/9/2020).

Selain memanen cabai, personel Pos Nunura, Praka Martin dan beberapa anggota memberikan semangat atau motivasi kepada petani agar tetap tekun dan rajin mengembangkan usaha yang sudah ada. Usaha tanam cabai tergolong bagus karena permintaan pasar setiap hari dan harga menjanjikan.

Para pemilik kebun hortikultura, Paulus dan Albertino menyampaikan terima kasih kepada personel satgas pamtas Pos Asumanu dan Nunura yang telah membantu mereka mengolah lahan. Pekerjaan yang seharusnya membutuhkan waktu lama akhirnya dapat diselesaikan dalam waktu singkat berkat bantuan personel satgas saat itu.

Tokoh masyarakat Manumutin yang hadir saat panen cabai, Boni Lelo (45) mengucapkan terima kasih atas bantuan dari TNI kepada masyarakat di perbatasan khususnya di Desa Manumutin.

"Kami sampaikan terima kasih kepada bapak bapak TNI yang melaksanakan tugas di wilayah perbatasan karena sudah aktif mengajak warga mengolah lahan pertanian. Hal tentunya bermanfaat bagi kami masyarakat," ucap Boni. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved