Pasien Positif dari Matawai La Pawu Sumba Timur Sudah Kontak dengan Puluhan Orang

Pasien ke-21 positif Covid-19 yang berasal dari Desa Karipi, Kecamatan Matawai La Pawu, Kabupaten Sumba Timur

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
dr. Chrisnawan Try Haryantana dan Sekretaris Dinas Kesehatan Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha, S.KM saat memberi keterangan pers, Rabu (23/9/2020) 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Pasien ke-21 positif Covid-19 yang berasal dari Desa Karipi, Kecamatan Matawai La Pawu, Kabupaten Sumba Timur diduga telah melakukan kontak erat dengan kurang lebih 30 orang warga setempat.

Saat ini tim gugus tugas Covid-19 sedang melakukan pelacakan terhadap orang-orang yang diduga pernah melakukan kontak dengan yang bersangkutan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana , Rabu (23/9/2020).

Pilkada Manggarai 2020, Bawaslu Kabupaten Manggarai Ingatkan ASN Tak Netral Bisa Dipidana

Menurut Chrisnawan, setelah mengetahui hasil pemeriksaan swab bahwa kasus ke-21 positif Covid-19 berasal dari Karipi, Matawai La Pawu, maka tim tracing langsung melakukan penelusuran.

"Dari hasil tracing kami dapat informasi bahwa pasien ke-21 positif ini sudah kontak dengan kurang lebih 30 orang. Tim juga segera mengambil swab dari kontak-kontak tersebut," kata Chrisnawan.

Dijelaskan, sesuai informasi dari puskesmas setempat bahwa jumlah kontak erat dengan pasien ke-21 positif Covid-19 di Matawai La Pawu bisa juga berkembang,namun yang sudah pasti ada 30 orang.

Pasien Corona Bertambah, DPRD TTS Minta Perketat Pintu masuk-Keluar dan Protokol Kesehatan

"Pasien ini juga segera dijemput untuk diisolasi di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu," katanya.

Chrisnawan juga mengatakan, pasien ke-21 itu merupakan kontak erat dengan pasien ke-20 positif Covid-19.

Pasien ini berjenis kelamin perempuan berusia 28 tahun dan berasal dari Desa Karipi, Kecamatan Matawai La Pawu.

"Kontak ini terjadi pada tanggal 3 September 2020 ketika ada kegiatan di Posyandu. Jadi ini adalah transmisi lokal pertama di Sumba Timur," ujarnya.

Didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan, Tinus Ndjurumbaha, S.KM dan Kabid P2P, Jonker Telnoni, S.KM, Chrisnawan mengatakan, dengan bertambahnya satu kasus atau kasus ke-21 positif itu, maka sudah ada dua pasien positif Covid-19 dari Kecamatan Matawai La Pawu.

Dia juga mengatakan, hingga saat ini gugus tugas belum mengetahui pasti pasien ke-20 positif Covid-19 tertular dari mana.

Untuk diketahui, total kasus positif Covid-19 di Sumba Timur saat ini 21 kasus, 12 pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh dan dua orang meninggal dunia,sehingga saat ini masih ada tujuh orang yang dirawat. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved