Corona Sumba Timur - Warga Berharap Semua Sampel Swab Negatif

Warga Sumba Timur berharap semua sampel swab yang dikirim untuk diperiksa di Kupang negatif

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Tim gabungan TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinasti Perhubungan Sumba Timur sedang melakukan operasi penertiban penggunaan masker di Waingapu, Senin (21/9/2020). 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Warga Sumba Timur berharap semua sampel swab yang dikirim untuk diperiksa di Kupang negatif. Begitu juga dengan pasien yang dirawat pun bisa cepat sembuh.

Beberapa warga Waingapu yang ditemui, Senin (21/9/2020) mengharapkan sampel yang diperiksa dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) di Kupang hasilnya negatif.

"Kita harapkan dan berdoa biasa swab yang dikirim gugus tugas hasilnya negatif agar Sumba Timur kembali zona hijau," kata Mahmud warga Kamalaputi.

Megy Soroti Pencabutan Kabel di Detukeli Ende: Warga Sudah Lama Rindu Listrik

Dia mengatakan, jika ada hasil kontak erat dengan pasien positif yang negatif, maka diharapkan sampel-sampel lainnya juga bisa negatif.

Melki Tamu warga lainnya mengatakan, jika apabila semua sampel dinyatakan negatif, maka pemerintah perlu memperhatikan soal protokol kesehatan.

Marcu : Harus Ada Sanksi Tegas Untuk Ketua RT dan Sekertaris Desa Fatumnasi

"Kita minta supaya perhatikan terutama pelaku perjalanan yang masuk ke Sumba Timur. Kalau bisa petugas perketat pengawasan di pintu-pintu masuk, baik laut maupun udara," katanya.

Sekda Sumba Timur, Domu Warandoy mengatakan, penerapan protokol kesehatan harus diperhatikan di masa Pandemi Covid-19.

"Kita juga terus lakukan pengawasan di pintu masuk dan keluar dari dan ke Sumba Timur. Jika ada transmisi lokal, maka ini harus dilakukan," kata Domu.

Dikatakan, di saat Sumba Timur kembali menjadi zona merah, maka perlu diperhatikan adalah protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Untuk diketahui total swab yang telah diambil dan dikirim ke Kupang sebanyak 828 sampel. Hasil laboratorium ada 28 sampel terkonfirmasi positif, 629 sampel negatif dan 171 sampel belum ada hasil.

Total kasus suspek 253 dan satu kasus meninggal dunia sejak beberapa waktu lalu.

Sementara kasus kontak erat tetap pada angka 449 dan Probable tidak ada.

Pelaku perjalanan terjadi penambahan 84 orang sehingga total pelaku perjalanan di Sumba Timur sudah tembus angka 15.146 orang.

Pasien positif Covid-19 sebanyak 20 orang, 12 orang telah sembuh, dua orang meninggal dunia, enam orang masih dirawat. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved