Breaking News:

Pameran Pembangunan HUT Kota Kefamenanu Resmi Dibuka Bupati Raymumdus

Pameran pembangunan memperingati hari ulang tahun ( HUT) Kota Kefamenanu ke 98 resmi dibuka oleh Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes

POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes, S.Pt saat memukul gong pembukaan pameran di Lapangan Oemanu, Sabtu (19/9/2020). 

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Pameran pembangunan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ( HUT) Kota Kefamenanu ke 98 resmi dibuka oleh Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes di Lapangan Oemanu, Sabtu (19/9/2020).

Berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh Pos-Kupang.com pelaksanaan kegiatan pameran dalam rangka memperingati HUT Kota Kefamenanu tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta undangan lainnya.

Update Covid-19 NTT, Berita Gembira 51 Pasien Positif Covid-19 Sembuh

Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes mengatakan bahwa pemerintah daerah tengah berada dalam sebuah situasi yang tidak dapat dikuasai. Pandemi Covid-19 mengubah tatanan kehidupan dan kini telah berada di era new normal. Kondisi tersebut menuntut untuk membangun habitus baru dengan bangkit kembali penuh harapan dalam kepatuhan total terhadap protokol kesehatan.

Menurut Bupati TTU dua periode tersebut, pameran pembangunan yang diselenggarakan di tahun 2020 ini, tentu sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, pro kontra mewarnai terselenggaranya kegiatan ini. Pemerintah daerah pun tidak pernah menginginkan untuk menyusahkan masyarakat.

Dokter Satgas Pamtas Beri Informasi Kesehatan Lewat Radio

Penyelenggaraan kegiatan ini semata-mata untuk menggerakkan sektor ekonomi yang mulai lesu, dan membangkitkan semangat baru. Di arena pameran ini, protokol kesehatan akan sangat diperketat. Ini serentak menjadi media pembelajaran bagi masyarakat untuk hidup dengan tetap menerapkan tatanan kehidupan baru, new normal: selalu menggunakan masker, jaga jarak dan selalu mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir.

"Hilangkan ketakutan dan marilah mulai bekerja dengan cerdas. Kita harus tetap bergerak dan menguasai diri agar jangan kita terpuruk. Kita wajib menggerakkan ekonomi untuk kesejahteraan bersama," ujarnya.

Dijelaskannya, pameran pembangunan ini merupakan sebuah momentum untuk membangkitkan semangat untuk terus bergandengan tangan membangun daerah ini.

Raymundus mengatakan, Kota Kefamenanu merupakan salah satu Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN) karena merupakan salah satu kota kabupaten yang terletak di batas negara. Kota ini merupakan salah satu Kota di perbatasan yang perlu ditata terus karena menampakkan wajah Indonesia di mata dunia internasional. Posisi geostrategis ini telah mendorong pemerintah pusat untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di daerah ini.

"Karena itu, pada kesempatan yang berbahagia ini, atas nama pemerintah daerah, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi bagi pembangunan daerah ini," ungkapnya.

Dijelaskannya, Kota Kefamenanu sebagai Ibukota Kabupaten membutuhkan percepatan penataan dan pembangunan infrastruktur. Selain sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan pusat pemerintahan dan pelayanan publik, Kota ini juga mesti menjadi pusat budaya Timor Tengah Utara.

Atas dasar itulah, jelas Raymundus, dalam RPJMD Kabupaten TTU Tahun 2010-2015 dan 2016-2021, pemerintah mencanangkan pengembangan Kota Kefamenanu sebagai ume naek ume mese. Kota ini dibangun dan ditata sebagai sebuah rumah besar dan rumah yang menyatukan.

"Kota ini menjadi tempat semua orang tinggal bersama sebagai saudara dalam perbedaan. Ume Naek Ume Mese didasari filosofi nekaf mese ansaof mese tafena hit pah ma hit nifu Timor Tengah Utara," ungkapnya.

Raymundus menambahkan, kegiatan pameran pembangunan ini merupakan salah satu kesempatan yang baik untuk saling berbagi informasi dan membangkitkan asa untuk perubahan Kota Kefamenanu dan Kabupaten TTU yang dicintai ini. Kesempatan ini juga menjadi penyebarluasan informasi kepada masyarakat terkait hasil-hasil pembangunan. Selain itu, pada pameran pembangunan ini, Industri Kecil dan Menengah diberi kesempatan untuk menjual dan mempromosikan hasil karyanya serta menjadi ajang bagi pameran kebudayaan daerah.

"Dengan penuh harapan saya mendorong seluruh masyarakat menikmati kegiatan pameran pembangunan ini. Dengan penuh semangat mari kita sukseskan pameran pembangunan ini dan dengan penuh optimis, mari kita bekerja dan terus berjuang demi masa depan Timor Tengah Utara yang lebih sejahtera," ujarnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved