Breaking News:

Berita NTT Terkini

Permintaan Darah Menurun, Kebutuhan Tetap Dilayani Dari Donor Sukarela

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) dr. Samson Ehe Teron, mengatakan, permintaan darah saat ini m

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Michaella Uzurasi
POS-KUPANG.COM | KUPANG - Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) dr. Samson Ehe Teron, mengatakan, permintaan darah saat ini menurun.

Ia menegaskan, pemakaian darah yang masih belum kembali seperti sebelum pandemi Covid-19 bukan karena kelangkaan stok tetapi memang permintaan yang menurun.

"Permintaan menurun. Kebutuhan tetap dilayani dari donor sukarela maupun pengganti yang sehari rata - rata 60 sampai 70 kantong yang donor di Kantor UTD PMI yang buka 24 jam, bukan karena kelangkaan stok" ujarnya.

Rumah sakit yang paling tinggi kebutuhan akan darah seperti Rumah Sakit Umum (RSU) W. Z. Yohanes, Rumah Sakit (RS) Siloam dan RS Leona, pemakaian darahnya masih belum kembali seperti sebelum Wabah Corona yaitu 2200 kantong per bulan.

"Saat ini RSU Yohanes kurang lebih 800 sampai 900 kantong sedangkan RS Siloam 300 kantong, RS Leona 200 kantong dan RS lainnya kurang lebih 300 kantong" paparnya.

dr. Samson juga menjelaskan, kebutuhsn Trombosit dari Ende dan Sikka serta kabupaten lainnya dilayani sesuai dengan permintaan dokter spesialis di kabupaten.

Selain pendonor yang darahnya lolos untuk diberikan kepada pasien, kata dr. Samson, banyak juga pendonor yang Hemoglobinnya kurang dari 12 gram persen sehingga tidak lolos.

Disamping itu, ada juga sejumlah penyakit yang terdeteksi dalam darah namun tidak banyak.

"Ada Hepatitis B dan HIV serta sifilis dalam prosentase yang kecil antara 1 sampai dengan 2 persen" jelas dr. Samson.

Terkait kebutuhan darah dr. Samson mengatakan, dalam sebulan kurang lebih 2100 sd 2200 kantong dengan kebutuhan golongan darah O sebanyak 42 persen, A 26 persen, B 27 persen dan AB 6 sampai 7 persen.(cr4)

Di Sikka - NTT, Abrasi Melanda Kecamatan Lela, 38 Rumah Warga Terendam Air ,Simak Info

Kepala UTD PMI NTT, dr. Samson Ehe Teron, KAMIS/17/09/2020
Area lampiran
Kepala UTD PMI NTT, dr. Samson Ehe Teron, KAMIS/17/09/2020 Area lampiran (POS-KUPANG.COM/DOKUMENTASI POS-KUPANG.COM)
Penulis: Michaella Uzurasi
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved