Breaking News:

Berita Ekonomi Bisnis

Expo Kreatif Anak Negeri 2020 Gairahkan UMKM NTT

situasi pandemi ini harus disikapi dengan cepat untuk pemulihan ekonomi, namun berpedoman pada penerapan protokol kesehatan yang ada.

POS-KUPANG.COM / Intan Nuka /
Expo Kreatif Anak Negeri 2020 berlangsung di Millenium Ballroom Kupang, Rabu (16/9/2020) 11 Lampiran 

POS-KUPANG.COM, Intan Nuka

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Acara pembukaan Expo Kreatif Anak Negeri 2020 di Millenium Ballroom Kupang, Rabu (16/9/2020) berlangsung meriah. Sebuah tarian tradisional menyambut kedatangan para tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut. Sekiranya, 60 booth pameran UMKM disiapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT bersama Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan (FKLJK) NTT untuk memeriahkan acara.

Kepala Biro Ekonomi dan Kerja Sama Sekretariat Daerah Provinsi NTT Lery Rupidara mengungkapkan, Expo Kreatif Anak Negeri 2020 merupakan salah satu wadah untuk mempertemukan para pelaku UMKM dengan distributor dan sistem peningkatan kapasitas

. "Jadi, event ini tidak hanya untuk memajukan komoditi, melainkan memfasilitasi UMKM untuk masuk ke dalam networking yang berintikan informasi dan relasi yang lebih kuat dengan berbagai bidang," ungkap Lery saat membawakan laporan panitia. Berbagai bidang tersebut, antara lain bidang perbankan, sertifikasi, lisensi, HAKI, e-commerce dan marketplace, investasi, konsultasi, dan bidang lain yang mendukung peningkatan dan pemberdayaan UMKM.

Tujuan pokok kegiatan tersebut, jelas Lery, adalah percepatan dan penanganan pemulihan ekonomi di NTT yang berbasis pada UMKM. Lery berharap, pameran ini nantinya bisa memberi efek transaksi dan peningkatan kapasitas UMKM dalam hal produksi, distribusi, dan konsumsi. Apalagi, UMKM merupakan salah satu sektor yang sangat terdampak ketika terjadi pandemi Covid-19. Pameran kreatif tersebut pun digunakan untuk kembali menggairahkan UMKM agar ekonomi NTT bisa kembali membaik.

Tak hanya itu, kehadiran Ibu Julie Sutrisno Laiskodat dalam acara tersebut pun diapresiasi oleh Lery. Menurutnya, perempuan anggota DPR RI itu memberi saran yang baik bagi peningkatan komoditi, yang mana berkaitan dengan kualitas produk dan kemasan.

Plt Dirut Bank NTT yang merupakan Ketua FKLJK NTT Hary Alexander Riwu Kaho mengungkapkan, situasi pandemi ini harus disikapi dengan cepat untuk pemulihan ekonomi, namun berpedoman pada penerapan protokol kesehatan yang ada.

Pameran ini berupaya agar semua produk bisa terserap/terbeli oleh perorangan atau korporasi sehingga adanya pergerakan ekonomi yang dicapai. Meski dalam situasi sulit dan terbatas, masyarakat tetap memiliki sumber daya yang bisa digunakan. Nantinya, pihaknya akan berkoordinasi lagi terkait kegiatan selanjutnya

. "Expo hari ini adalah pintu masuk untuk menggerakkan semangat yang sempat redup akibat pandemi. Kita lihat secara cerdas untuk kehidupan usaha dan distribusi bisa berjalan," tandasnya.

Alex menambahkan, semua pelaku UMKM dalam pameran diberikan kartu kepesertaan gratis oleh BP Jamsostek NTT. Selanjutnya, perusahaann atau lembaga yang tergabung dalam FKLJK menjadi buyer atau pembeli dari semua produk yang ada. "FKLJK menggerakkan agar semua perusahaan yang ada berperan aktif untuk pameran ini," ujar Alex.

Halaman
123
Penulis: F Mariana Nuka
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved