Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Per Mariam ad Jesum: Melalui Maria Menuju Yesus

Dengan mengatakan Ibu, inilah anakmu, Yesus ingin menegaskan tentang BundaNya sebagai tokoh sentral dalam karya keselamatan

Dok Pribadi
RD Yudel Neno 

Renungan Harian Katolik, Selasa 15 September 2020

Per Mariam ad Jesum: Melalui Maria Menuju Yesus (Yohanes, 19: 25-27)

Oleh: RD. Yudel Neno

POS-KUPANG.COM - Dalam ilmu Kristologi (ilmu yang mempelajari tentang Kristus) atau juga ilmu Eksegese Biblis dikenal kata-kata asli Yesus atau dalam bahasa Latin; Ipsissima Verba.

Satu bagian kata-kata asli Yesus, kita temukan dalam bacaan Injil hari ini, yakni "Ibu, inilah anakmu dan inilah ibumu".

Tatkala Yesus bergantung di Palang Penghinaan, Ia mengungkapkan isi hatiNya, dan sebetulnya ingin memberi isyarat bahwa kasih sayang antara para murid (yang diwakili oleh murid yang dikasihiNya) dan ibuNya, sangat perlu untuk dilanjutkan, sebagaimana kasih sayang, yang selama ini telah tumbuh di antara Dia dengan para muridNya.

Dengan mengatakan Ibu, inilah anakmu, Yesus ingin menegaskan tentang BundaNya sebagai tokoh sentral dalam karya keselamatan yang dikaruniakan kepada Gereja oleh Allah.

Dengan mengatakan inilah ibumu, Yesus ingin menegaskan bahwa karya misi Gereja sebagai persekutuan umat beriman, harus tetap dipandang dan dilaksanakan dalam filosofi kerendahan hati, sebagaimana Bunda mengatakan "kekecilannya" di hadapan Malaikat Gabriel ; Aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataanMu.

Per Mariam ad Jesum: melalui Maria menuju Yesus. Tampaklah bahwa kesediaan Maria menerima tawaran Allah melalui Malaikat Gabriel merupakan pintu iman (porta fidei), di mana Allah sejak pertama memasuki dunia manusia secara nyata melalui kehendak atau fiat Sang Bunda.

Sungguh kasih sayang yang diajarkan dan dihidupi oleh Gereja perlu meneladani kasih sayang antara Yesus, Bapa dan BundaNya.

Halaman
12
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved