Breaking News:

Pilkada Manggarai

KPU Manggarai Tetapkan 220.594 Pemilih Sebagai Daftar Pemilih Sementara

Terkait Pilkada Manggarai 9 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai menetapkan 220.594 pemilih s

KPU Manggarai Tetapkan 220.594 Pemilih Sebagai Daftar Pemilih Sementara
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Ketua KPU Kabupaten Manggarai, Thomas Aquino Hartono

POS-KUPANG.COM/Dok Pribadi.
Ketua KPU Manggarai Thomas Aquino Hartono.

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | RUTENG---Terkait Pilkada Manggarai 9 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai menetapkan 220.594 pemilih sebagai daftar pemilih sementara (DPS).

Ketua KPU Manggarai Thomas Aquino Hartono menyampaikan itu kepada POS-KUPANG.COM, Selasa (15/9/2020) pagi.

Thomas menjelaskan KPU Kabupaten Manggarai menetapkan 220.594 pemilih DPS itu saat menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutahiran dan DPS. Rapat Pleno itu dilaksanakan di Kantor KPU Kabupaten Manggarai, Senin (14/9/2020).

Hadir dalam Rapat Pelono itu, Tim Penghubung Bakal Pasangan Calon, Bawaslu Kabupaten Manggarai dan Perwakilan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se-Kabupaten Manggarai.

Dalam Rapat Pleno itu, jelas Hartono, pihaknya melaksanakan rekapitulasi berdasarkan rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran yang telah dilaksanakan oleh PPK di masing-masing kecamatan. Hasil rekapitulasi ini kemudian ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS) oleh KPU Kabupaten Manggarai.

Hartono juga menjelaskan, jumlah Daftar Pemilih Sementara tingkat Kabupaten Manggarai yang berjumlah 220.594 pemilih itu dengan rincian laki-laki berjumlah 109.953 pemilih dan perempuan berjumlah 110.641 pemilih. Jumlah DPS itu tersebar di 12 Kecamatan, 171 Desa/Kelurahan dan 696 TPS di wilayah Kabupaten Manggarai.

Dikatakan Hartono, DPS selanjutnya akan diserahkan kepada Bakal Pasangan Calon dan Bawaslu Kabupaten Manggarai. Selain itu Daftar Pemilih Sementara tersebut akan disampaikan kepada PPS melalui PPK untuk diumumkan guna mendapat tanggapan masyarakat yaitu dari tanggal 19 September 2020 sampai dengan tanggal 28 September 2020.

Hartono juga berharap agar, masyarakat berperan aktif dalam memberi tanggapan terhadap DPS. Dengan demikian Daftar Pemilih akan benar-benar akurat dimana semua masyarakat yang telah memenuhi syarat bisa terdaftar sebagai pemilih. (*)

Bupati Belu Canangkan Program TJPS di Ainiba, Simak Informasinya

Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved