Breaking News:

Berita Kota Kupang Terkini

Peringati HUT ke 75 PMI, Wakil Wali Kota Kupang sebut Kami Tidak Kaya

para relawan telah diperdalam pengetahuan praktis dalam menanggulangi bencana di kota Kupang dan diharapkan pengetahuan tersebut disebarluaskan sehi

Pos Kpg.com/Yen
POSE BERSAMA -- Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man pose bersama fasilitator, di Aula Rujab Wakil Wali Kota Kupang, Sabtu (12/9). Area lampiran 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Memeriahkan HUT PMI ke 75 tingkat Kota Kupang pada (17/9) para pengurus dan staf Markas PMI Kota Kupang menggelar jalan santai dari halaman Rumah Jabatan Wakil Wali Kota Kupang menuju Pantai Pasir Panjang.

Para peserta jalan santai pun membersihkan sampah-sampah yang ada di lokasi pantai tersebut, yang dilanjutkan dengan penutupan pelatihan peningkatan kapasitas relawan SIBAT di Aula Rumah Jabatan Wakil Wali Kota, Sabtu (12/9).

Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man selaku Ketua PMI Kota Kupang, mengatakan relawan yang mengikuti pelatihan ini harus membawa pulang tiga hal.

Pertama pengetahuan, Di mana para relawan telah diperdalam pengetahuan praktis dalam menanggulangi bencana di kota Kupang dan diharapkan pengetahuan tersebut disebarluaskan sehingga pada saat ada penanggulangan bencana yang membutuhkan pertolongan kemanusiaan di situlah pengetahuan yang diperoleh diterapkan.

Kedua, pengetahuan hanya ada di otak sehingga perlu adanya keterampilan-keterampilan dilakukan dengan gerakan-gerakan atau psikomotor. "Jadi saat pengetahuan itu sudah ada ada maka diwujudnyatakan dengan tindakan Bagaimana menolong korban bencana yang mengalami patah tulang kaki tulang leher tentu semuanya berbeda itulah dinamakan keterampilan," ujarnya.

Ketiga, relawan harus mempunyai sikap menghayati prinsip-prinsip ke Palangmerahan agar dapat menempatkan diri di tengah-tengah masyarakat.

Iya berharap relawan PMI Kota Kupang ke depannya lebih tangguh dan kesukarelaannya harus lebih tinggi dari keterlibatan masyarakat.

" Kami tidak kaya tetapi kami bisa diperkayai oleh orang untuk menolong orang lain," ujarnya.

Ketua Markas Kota Kupang, Ghoza Yohanes, menyampaikan kegiatan penutupan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Relawan SIBAT PMI Kota Kupang hari ini dirangkai dengan berbagai kegiatan.

"Mereka sudah pernah ada pelatihan dua tahun yang lalu saya segarkan kembali dalam rangka persiapan gladi lapangan zona dua pada tahun depan, yang akan melibatkan emapt kabupaten Alor, Rote, Sabu dan Kupang. Jika tidak ada hambatan," ujarnya.

Pada Selasa (15/9), kata Ghoza akan diadakan donor darah suka rela. PMI Kota Kupang telah mengundang TNI/Polri, Basarnas dan semua OPD sampai tingkat lurah untuk melibatkan pimpinan dan staf agar bisa berpartisipasi aktif dalam donor darah. Targetnya bisa mengumpulkan 200 kantong darah yang bekerja sama dengan UTD PMI NTT.

Di usia PMI ke 75, tentunya kata Ghoza kedepan PMI Kota Kupanh akan meningkatkan pelatihan-pelatihan. Seperti peningkatan relawan SIBAT, PMI Kota juga akan mulai menggalang Palang Merah Remaja di tingkat sekolah, kemudian bekerja sama dengan swasta.

Karena PMI hanya mempunyai dana hibah yang sangat terbatas Rp 500 juta per tahun untuk melangsungkan berbagai kegiatan bukan untuk membayar gaji pengurus. Sehingga aksi kemanusiaan bisa melibatkan berbagai pihak, seperti swasta, bulan dana dan lainnya. Diharapkan juga bisa dibentuk UTD.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati POS-KUPANG).

POSE BERSAMA -- Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man pose bersama fasilitator, di Aula Rujab Wakil Wali Kota Kupang, Sabtu (12/9).
Area lampiran
POSE BERSAMA -- Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man pose bersama fasilitator, di Aula Rujab Wakil Wali Kota Kupang, Sabtu (12/9). Area lampiran (Pos Kpg.com/Yen)
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved