Operasi Masker di Sumba Timur - Banyak Warga yang Belum Sadar Pakai Masker

Masih banyak warga Waingapu, Kabupaten Sumba Timur yang belum sadar untuk memakai masker jika keluar rumah

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Tim gabungan, Polres Sumba Timur, Kodim 1601 Sumba Timur dan Satuan Pol PP Sumba Timur sedang melakukan operasi penggunaan masker, Kamis (10/9/2020). Nampak petugas sedang memberi pengertian kepada warga yang tidak mamakai masker. 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Masih banyak warga Waingapu, Kabupaten Sumba Timur yang belum sadar untuk memakai masker jika keluar rumah. Padahal masker dapat melindungi diri dan juga orang lain.

Pantauan POS-KUPANG.COM, Kamis (10/9/2020), saat digelarnya operasi dari tim gabungan, Polres Sumba Timur, Kodim 1601 Sumba Timur dan Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol-PP) Sumba Timur, masih ditemukan warga yang tidak menggunakan masker.

Peringkat Bank Bukopin oleh Pefindo Naik Menjadi idAA

Ada yang membawa masker tapi tidak memakainya. Ada juga yang memakai tapi tidak menutup mulut dan hidung. Saat menemuiwarga yang tidak menggunakan masker, petugas selalu memberikan penjelasan tujuan memakai masker.

Nampak, warga hanya tertib ketika ada operasi. Operasi penertiban pemakaian masker ini dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease ( Covid-19) di wilayah setempat.

Gempa Magnitudo 3,2 SR Terjadi di Waingapu Sumba Timur

Operasi ini berlangsung di Pos Lantas Matawai. Setiap pengendara kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat diperiksa tim gabungan.

Operasi ini berlangsung sekitar satu jam. Petugas juga membawa masker untuk diberikan kepada masyarakat yang ditemukan tidak memiliki masker.

Setiap kendaraan yang melintas dipantau, apabila ada yang tidak mengenakan masker, maka petugas meminta kendaraan menepi.

Bagi kendaraan roda dua, jika pengemudi atau yang dibonceng tidak mengenakan masker, maka ditegur oleh petugas.

Petugas akan menanyakan, apakah ada masker atau tidak. Apabila ada masker, maka diminta untuk dipakai. Namun, jika tidak ada masker, maka diberikan masker.

Begitu pula dengan pengemudi kendaraan roda empat. Petugas juga menegur masyarakat apabila penggunaan masker tidak benar.

"Pakai masker, karena kalau pakai masker, maka bapak sudah menjaga kesehatan bapak dan juga orang lain," ujar seorang petugas dari Polres Sumba Timur.

Kapolres Sumba Timur, AKBP. Handrio Wicaksono,S.IK mengatakan, kegiatan penertiban penggunaan masker itu dilaksanakan serentak oleh seluruh jajaran polres termasuk Polres Sumba Timur.

Dikatakan, operasi dimaksud juga untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya memakai masker guna mencegah penyebaran Covid-19 di Sumba Timur. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved