Breaking News:

Kasus Kriminal di Polsek Maulafa Menurun

Kasus kriminal di Polsek Maulafa, Polres Kupang Kota akhir-akhir ini mengalami penurunan drastis

POS-KUPANG.COM / DIONISIUS REBON
Kapolsek Maulafa, Jery Samzon Puling, A. Md, Jumat, 11/09/2020 

POS-KUPANG.COM | KUPANG- Kasus kriminal di Polsek Maulafa, Polres Kupang Kota akhir-akhir ini mengalami penurunan drastis.

Hal ini sampaikan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Maulafa, Jery Samzon Puling, A.Md ketika ditemui POS-KUPANG.COM, Jumat, 11/09/2020.

"Puji Tuhan akhir-akhir ini ada beberapa masalah tapi hampir sembilan puluh persen bisa diselesaikan dengan kekeluargaan," kata Jery.

Kepala SMAK Giovanni Kupang : Peralatan Laboratorium Tidak Menunjang

Menurutnya, beberapa waktu mutakhir, persoalan yang kerap terjadi di wilayah hukum Polsek Maulafa adalah masalah lahan. Modus persoalan yakni seseorang menjual lahan milik orang lain.

Selain persoalan lahan, ada juga persoalan lain yang dilaporkan di Polsek Maulafa seperti masalah penipuan, masalah penganiayaan dan lain-lain.

JKMC Bantu Benih Sayur Senilai Rp 7,5 Juta Untuk Umat Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong

Beberapa persoalan, tutur Jery, berhasil diselesaikan secara kekeluargaan berkat upaya jajaran Polsek Maulafa dalam memberikan pengertian dan memediasi persoalan tersebut.

Ia menambahkan, ada juga persoalan yang dilaporkan harus diproses secara resmi dan berakhir di meja pengadilan.

Untuk meminimalisir persoalan-persoalan kriminal di wilayah hukum Polsek Maulafa, Kapolsek Maulafa beserta jajarannya melakukan beberapa pendekatan humanis seperti turun langsung kepada masyarakat melakukan dialog dan himbauan langsung maupun patroli.

"Ada juga yang saat mereka memberikan laporan kita ambil kesempatan itu untuk menyampaikan himbauan yang sifatnya positif," ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya melakukan pendekatan humanis dan himbauan untuk mencegah terjadinya masalah sosial yang baru seperti dendam berkepanjangan dan ekonomi rumah tangga memburuk.

"Jadi kita upayakan pendekatan mediasi terlebih dahulu dengan memberikan pengertian. Tapi tidak semua masalah juga seperti itu. Ada juga klasifikasi masalah tertentu yang bisa diupayakan melalui mediasi yang dapat diselesaikan secara kekeluargaan," jelasnya.

Jery mengimbau kepada masyarakat untuk dapat mengadukan persoalan yang tidak dapat diselesaikan sendiri kepada Bhabinkamtibmas atau kepada Polsek Maulafa. Pihaknya bersedia setiap saat untuk menyelesaikan persoalan masyarakat.

"Terutama mengenai masalah-masalah lahan karena itu menimbulkan korban yang cukup banyak dan juga kerugian materi. Karena wilayah hukum Polsek Maulafa masih banyak lahan kosong dan itu rawan," beber Jery

Kapolsek Maulafa juga menegaskan bahwa, dirinya siap untuk turun langsung memediasi dan mengimbau warga untuk menyelesaikan persoalan.

Ia menerangkan bahwa, masyarakat memiliki hak untuk mengoreksi dan masukan atas kinerja Polsek Maulafa. Hal ini untuk meningkatkan pelayanan dan kondusifitas di wilayah hukum Polsek Maulafa. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dionisius Rebon)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved