Berita Sumba Timur

Pelaku Perjalanan dari Surabaya, Satu Pasien Covid-19 Sumba Timur Meninggal, Begini Riwayatnya

Satu pasien positif Corona Virus Disease (Covid-19) di Sumba Timur meninggal dunia dan telah dimakamkan mengikuti protokol kesehatan, Selasa (8/9).

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Benny Dasman
istimewa
JENASAH-Jenasah KNP, pria asal Sikka yang meninggal dunia lalu dimakamkan secara protokol Covid-19 sedang dibawa ke rumah duka di Desa Wairterang, Kecamatan Waigete, Sikka dari ruangan isolasi. 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Com, Oby Lewanmeru

POS KUPANG, COM WAINGAPU -Satu pasien positif Corona Virus Disease (Covid-19) di Sumba Timur meninggal dunia dan telah dimakamkan mengikuti protokol kesehatan, Selasa (8/9).

Data yang diperoleh dari Posko Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, menyebutkan, satu pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia. Saat ini di Sumba Timur telah ada enam pasien positif dan satunya meninggal dunia. Khusus hari Selasa (8/9), terjadi penambahan dua kasus positif Covid-19.

Pasien positif Corona yang meninggal itu berinisial RY. Terkonfirmasi positif Covid-19 setelah tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 melakukan pengambilan sampel swab. Sampel atau spesimen ini diperiksa di Laboratorium RSUD Umbu Rara Meha Waingapu menggunakan metode Test Cepat Molekuler (TCM).

Direktur RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, dr. Lely Harakai,S.KM yang dikonfirmasi, Rabu (9/9), membenarkan meninggalnya pasien tersebut. Pasien yang meninggal itu terkonfirmasi positif dari hasil pemeriksaan swab.

Informasi yang dihimpun Pos Kupang, Rabu (9/9), menyebutkan, pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia itu adalah pelaku perjalanan dari Surabaya ke Sumba Timur.

Sebelum meninggal, yang bersangkutan sempat memeriksakan kesehatan di Puskesmas Kambaniru. Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur langsung ke tempat duka dan mengambil swab dari yang bersangkutan.

Sampel swab ini diperiksa dengan metode Test Cepat Molekuler (TCM) di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu. Hasil pemeriksaan swab terkonfirmasi positif. Korban meninggal itu telah dimakamkan secara protokol Covid-19.

Sementara itu, data dari Posko Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumba Timur menyebutkan, Hari Selasa (8/9), terkonfirmasi ada dua kasus baru positif Covid-19 di Sumba Timur dan satu pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia.

Total kasus positif Covid-19 di Sumba Timur saat ini 18 kasus, 12 pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia, sehingga saat ini masih ada lima orang yang dirawat. Pasien positif Covid-19 yang meninggal itu merupakan pelaku perjalanan dari Surabaya

Sementara sebelumnya, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana mengatakan, masyarakat harus patuh terhadap protokol kesehatan. Chrisnawan juga meminta masyarakat selalu mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, memakai masker dan membuang masker dengan benar
serta menjaga jarak minimal satu meter

Selain itu, sampai saat ini, masih ada 20 sampel swab dari Sumba Timur belum diperiksa.
Sampel ini telah dikirim untuk diperiksa di Laboratorium Bio Molekuler RSUD Prof. W.Z.Johannes Kupang beberapa waktu lalu.

Sesuai data dari Posko Percepatan Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) setempat, Selasa (8/9), menyebutkan, total keseluruhan sampel swab yang dikirim untuk diperiksa di Laboratorium Bio Molekuler RSUD Prof.W.Z Johannes Kupang sebanyak 581 sampel. Dari jumlah itu, 27 sampel dinyatakan positif sesuai hasil laboratorium. Sedangkan 535 sampel dinyatakan negatif dan 20 sampel belum ada hasil.

Pelaku perjalanan sebanyak 13.597 orang, suspek 216 orang dan satu orang meninggal dunia, Probable tidak ada sedangkan kontak erat sebanyak 220 orang. Pasien positif Covid-19 sebanyak 18 orang. *

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved