Corona Sumba Timur - Inilah Rute Perjalanan Pasien Covid-19 yang Meninggal di Sumba Timur

Inilah rute perjalanan pasien ke-18 positif Corona Virus Disease ( Covid-19) di Sumba Timur yang meninggal dunia

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Inilah rute perjalanan pasien ke-18 positif Corona Virus Disease ( Covid-19) di Sumba Timur yang meninggal dunia pada Selasa (8/9/2020). Pasien ini merupakan pelaku perjalanan dari Surabaya ke Sumba Timur.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana, Rabu (9/9/2020) mengatakan, satu pasien positif Covid-19 di Sumba Timur yang meninggal dunia merupakan pelaku perjalanan.

Pasien berinisial RY ini adalah tiba di Waingapu pada tanggal 2 September 2020.

Sarwendah Marah, Betrand Peto Ketahuan Bela Kesalahan Thalia Onsu, Istri Ruben Onsu: Harus Jujur

Menurut Chrisnawan, yang bersangkutan berasal dari Madiun dan ke Sumba Timur dengan transportasi darat dan laut.

"Beliau dari Madiun ke Denpasar, Bali, kemudian dari Denpasar ke Bima dan ke Sape. Dari Sape yang bersangkutan menyeberang ke Labuan Bajo, Manggarai Barat," kata Chrisnawan.

Luna Maya Dituding Playing Victim, Sosok Ini Ungkap Reino Barack Akan Selalu Mencintai Syahrini

Dikatakan, dari Labuan Bajo, pasien ini melalui jalan darat ke Aimere dan menyeberang lagi ke Waingapu.

"Pasien ini juga menderita selain meninggal karena Covid-19, juga ada penyakit penyerta, yaitu TBC dan infeksi yang menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Pasien ini telah dimakamkan secara protokol kesehatan," katanya.

Didampingi Kabid P2P, Jonker Telnoni,S.KM, Chrisnawan mengatakan, pada Selasa (8/9/2020) ada penambahan dua kasus positif Covid-19, yakni kasus positif ke-17 dan ke-18.

Pasien ke-17 positif Covid-19 adalah merupakan pasien yang kontak dengan pasien ke-13. Sedangkan pasien ke-18 merupakan pelaku perjalanan.

Informasi yang diperoleh menyebutkan bahwa pasien positif yang meninggal itu terkonfirmasi positif Covid-19 setelah tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 melakukan pengambilan sampel swab.

Sampel atau spesimen ini diperiksa di Laboratorium RSUD Umbu Rara Meha Waingapu menggunakan metode Test Cepat Molekuler (TCM). (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved