Breaking News:

Prosesi Pedang Pora Pelepasan Irjen Pol. Drs. Hamidin

Polda NTT secara resmi melepas Irjen Pol Drs H Hamidin dengan menggelar upacara pedang pora di Mapolda NTT

Dok Humas Polda NTT
Irjen Pol Hamidin dan Ny Iyul Hamidin saat upacara tradisi pedang pora di Mapolda NTT, Jumat (4/9/2020). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur ( Polda NTT) secara resmi melepas Irjen Pol Drs H Hamidin dengan menggelar upacara pedang pora di Mapolda NTT, Kamis (4/9/2020) pagi.

Irjen Pol. Drs. Hamidin dan istri, Ny. Julachmi Hamidin, resmi meninggalkan Mapolda NTT usai tradisi itu.

Upacara tradisi pedang pora diawali dengan pengalungan bunga dari Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif kepada Irjen Pol. Drs. Hamidin serta penyerahan kain tenun khas NTT dan penyerahan buket bunga dari Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Evi Lotharia Latif kepada Ny Iyul Hamidin sebagai tanda penghormatan.

Dandim 1618 TTU Terima 31 Prajurit Tamtama Remaja Prabinsa dengan Tradisi Penyiraman Bunga

Usai laporan perwira upacara, Irjen Pol. Drs. Hamidin bersama Ny Iyul Hamidin melangkah melewati prosesi pedang pora yang disejajarkan. Prosesi itu diiringi lagu.

Pasangan Irjen Pol Hamidin dan istri kemudian bersalaman dengan pejabat utama dan personel yang berbaris di sisi kanan-kiri pagar hingga pintu gerbang Mapolda NTT.

Warga dan TNI Gotong Royong Perbaiki Jalan Berlubang

Dalam tradisi kemiliteran, upacara pedang pora adalah salah satu tradisi wajib saat melepas dan mengantar anggota memasuki kehidupan baru.

Pada prosesi pedang pora, penghunusan pedang yang membentuk gapura mengandung makna, dengan jiwa ksatria anggota siap menghadapi segala rintangan yang akan dihadapi dalam kehidupan. Selanjutnya yang mereka berjalan dibawah pedang pora yang kemudian secara perlahan mulai terangkat saat dilewati.

Polda NTT menggelar acara kenal pamit Kapolda NTT yang bertempat di Lapangan Hitam Mapolda NTT pada Jumat malam.

Sebelumnya, pada Rabu, 3 Agustus 2020 pagi, telah dilakukan penyerahan pataka dari Irjen Pol. Drs. Hamidin kepada Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., di Lapangan Ricky Sitohang Mapolda NTT. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved