News

Daftar 18 Negara Alami Resesi Ekonomi Karena Corona, Indonesia? Ini Penjelasan Menkeu Sri Mulyani

Sebanyak 18 negara mulai memasuki jurang resesi ekonomi karena virus corona, Bagaimana dengan Indonesia? Ini penjelasan Menkeu Sri Mulyani

Editor: Adiana Ahmad
Instagram/smindrawati
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati 

Terbaru, Australia resmi mengalami resesi setelah ekonominya mengalami kontraksi sebesar 6,3% year on year (YoY) pada kuartal II 2020.

Ini merupakan resesi Australia pertama dalam waktu 30 tahun terakhir.

Jadi Trending, Lihat Cara Timor Leste Hadapi Pandemi Corona, Berikut 5 Fakta Soal Eks Timor Timur

Seusai Resepsi Pernikahan, Pasangan Pengantin Terpapar Corona, Mempelai Pria Datang Dari Jakarta

Sementara, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengisyaratkan kalau perekonomian Indonesia akan masuk jurang resesi pada kuartal III-2020.

Sebab, ekonomi nasional -5,32% pada kuartal II 2020. Sehingga, bila pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III negatif, maka Indonesia resmi resesi.

"Di kuartal III-2020, ekonomi kita masih mengalami negative growth, bahkan di kuartal IV-2020 masih dalam zona sedikit di bawah netral," ujar Sri Mulyani dikutip Kontan.co.id, Kamis (3/9/2020).

Lantas, mana saja negara yang sudah resesi?

Dirangkum oleh Kontan.co.id, berikut daftar negara yang sudah resesi:

MANGGARAI Tambah 10 Pasien Positif Corona, Gugus Tugas Segera Gerilya Lakukan Tracing, Bahaya!

1. Singapura

Dikutip dari Kontan.co.id, 17 Agustus 2020, ekonomi Singapura mengalami resesi setelah kontraksi pada kuartal kedua 2020.

Produk domestik bruto (PDB) anjlok dengan rekor 41,2% dalam tiga bulan yang berakhir Maret, berdasarkan basis tahunan kuartal ke kuartal, data awal dari Kementerian Perdagangan dan Industri.

Secara year on year, PDB menukik 12,6% dibandingkan perkiraan ekonom yang mematok angka PDB di 10,5%.

Kemerosotan PDB kali ini merupakan yang kedua kalinya secara berturut-turut bagi Singapura. Pada kuartal I 2020, ekonomi Singapura menurun 0,3% tahun-ke-tahun (yoy) dan 3,3% kuartal-ke-kuartal. Ini memenuhi definisi untuk resesi teknis.

2. Korea Selatan

Perekonomian Korea Selatan mencatat resesi teknis pertama sejak 2003 pada kuartal Juni. Pembatasan aktivitas akibat dari pandemi virus corona menekan kegiatan ekonomi dan permintaan global.

Melansir Reuters, bank sentral Korsel mengatakan, tingkat Produk Domestik Bruto (PDB) Korsel mengalami penurunan sebesar 3,3% yang disesuaikan secara musiman pada kuartal Juni. Sebagai perbandingan, pada kuartal sebelumnya PDB Korsel menurun 1,3%.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved