Update Corona Sumba Timur - Gugus Tugas Kirim 109 Spesimen Swab ke Kupang

Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease ( Covid-19) mengirim 109 spesimen atau sampel swab ke Kupang

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Sekretaris Dinas Kesehatan Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha, S.KM saat menyampaikan materi pada seminar yang digelar Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Sumba Timur (Ipmastim) di Aula Kantor Kelurahan Kambajawa,Sumba Timur, Kamis ( 3/9/2020). 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease ( Covid-19) mengirim 109 spesimen atau sampel swab ke Kupang. Sampel ini akan diperiksa di Laboratorium Bio Molekuler RSUD Prof. W.Z. Johannes Kupang.

Hal ini disampaikan Ketua Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, Tinus Ndjurumbaha,S.KM kepada POS-KUPANG.COM, Kamis (3/9/2020).

Menurut Tinus, gugus tugas kembali mengirimkan 109 sampel untuk diperiksa di Laboratorium Bio Molekuler RSUD. Prof. W.Z. Johannes Kupang.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Unggah Video Bersama Gideon Tengker, Buktikan Tak Ada Masalah

"Sampel ini kita baru kirim hari ini ke Kupang dan harapan kita hasilnya bisa segera diperoleh. Ke-109 sampel ini merupakan orang-orang yang diduga kuat pernah kontak erat dengan pasien ke-13 positif Covid-19 di Sumba Timur," kata Tinus.

Tinus yang juga adalah Sekretaris Dinas Kesehatan Sumba Timur ini menjelaskan, Sumba Timur sejak 20 Juli 2020 tidak lagi ada pasien positif Covid-19 atau kategori zona hijau, namun, pada 31 Agustus 2020 kembali dinyatakan sebagai zona merah.

Paus Fransiskus Gelar Audiensi, Serukan 4 September 2020 Hari Doa dan Puasa untuk Lebanon

"Kita sudah aman kurang lebih satu bulan, tapi tiba-tiba muncul kasus baru. Karena itu, kami tetap imbau masyarakat agar tetap melakukan protokol kesehatan," katanya.

Dikatakan, pasien positif Covid-19 di Sumba Timur itu adalah pelaku perjalanan atau merupakan kasus impor, karena yang bersangkutan baru kembali dari Surabaya.

"Saat ini pasien tersebut sudah diisolasi dan menjalani perawatan di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu. Kita berharap, pasien itu cepat sembuh," katanya.

Untuk diketahui pasien ke-13 positif Covid-19 di Sumba Timur itu berasal dari Kelurahan Matawai, Kecamatan Kota. Kasus ini menyebabkan, sebanyak 41 tenaga medis harus dikarantinakan.

Sementara sesuai data yang diperoleh dari Posko Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumba Timur, Rabu (2/9/2020) , menyebutkan, pelaku perjalanan sebanyak 12.804 orang, suspek 235 orang dan satu orang meninggal dunia, Probable tidak ada sedangkan kontak erat sebanyak 259 orang. Pasien positif Covid-19 sebanyak 13 orang, 12 orang telah sembuh, satu masih dirawat. (Laporan Reporter POS -KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved