Breaking News:

Rp 11.000 per ASN atau non ASN sudah bisa melindungi karyawan selama 30 hari

Rp 11.000 per ASN atau non ASN sudah bisa melindungi karyawan selama 30 hari

POS-KUPANG.COM/ELLA UZU RASI
Jurnalis Pos Kupang, Novemy Leo dan Kepala BPJamsostek NTT, Armada Kaban dalam Ngobrol Asyik dengan Tema : Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan bagi non ASN di NTT. 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja ( BPJamsostek) Nusa Tenggara Timur ( NTT), Armada Kanan menjelaskan, iuran 11 ribu rupiah per tenaga kerja ( ASN atau non ASN) sudah bisa melindungi tenaga kerja selama 30 hari.

Hal ini diungkapkan dalam acar Ngobrol Asyik bersama Pos Kupang yang dipandu oleh host Novemy Leo, dengan tema "Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan bagi non ASN di NTT" pada Rabu (02/09/2020).

BP Jamsostek sendiri memiliki 4 program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua danJaminan Pensiun.

Pakai APD Lengkap, Petugas Mulai Lakukan Sensus Penduduk di Nagekeo

"Untuk yang namanya program Jamsostek ini misalnya untuk perkantoran itu range jaminan keselamatan kerjanya hanya 0.24 persen. Misalkan UMP itu 1 juta 950 ribu atau setara 2 juta maka dikalikan 0.24 persen itu hanya 4 ribu 8 ratus rupiah" terang Armada.

"Untuk kematian 0.3 persen artinya dari 2 juta 0.3 persen itu 6 ribu. Jadi untuk total biaya yang harus dibayarkan tidak sampai 11 ribu" lanjutnya.

Personel Satgas Pamtas RI-RDTL, Prada Hendrayanto Bantu Warga Ambil Air

"11 ribu itu kalau dibandingkan dengan nasi kuning, sarapan kita yang di Kupang, 11 ribu itu hanya bertahan sampai jam 11, tetapi dengan nilai 11 ribu itu, tenaga kerja ini dilindungi selama 30 hari full" lanjutnya lagi.

Dari 4 program yang diselenggarakan, hal pertama bisa dilakukan penahapan.

Jadi ditahap pertama misalkan mengikuti kemampuan pemberi kerjanya, didaftarkan di dua program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Kemudian ditahap berikutnya didaftarkan Jaminan Hari Tua.

Maka pada saat badan usahanya itu punya kemampuan ekonomi dalam skala sudah mampu maka akan didaftarkan di 4 program sekaligus.

Armada menjelaskan, salam range waktu 1 Januari sampai 30 Agustus, BP Jamsostek telah membayarkan santunan sebesar 203 milyar.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved