Breaking News:

Berita Pendidikan

Dinas Pendidikan Kota Minta Sekolah Jujur Isi Dapodik

ruang kelas rusak berat tetapi operator pada saat upload data Dapodik rusak ringan hal ini akan menjadi tidak relefan dengan kondisi riil yang ada," k

Dinas Pendidikan Kota Minta Sekolah Jujur Isi Dapodik
Doc Humas Disdikbud Kota
Okto Naitboho

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Data Pokok Pendidikan (DAPODIK.) merupakan Jantung bagi seluruh satuan pendidikan. Sehingga setiap sekolah perlu jujur dan tepat waktu dalam pengisian data dimaksud. Sebab setiap kebijakan program termasuk alokasi anggaran pusat ke sekolah, sangat bergantung pada data Dapodik yang ada.
"Dapodik merupakan pokok acuan Pemerintah dalam menentukan penganggaran.

Dapodik Jantung Sekolah karena itu apabila pengajuan Dapodik salah maupun kurang maka akan mempengaruhi seluruh operasional kegiatan sekolah bersangkutan. Sehingga akan menjadi kerugian besar bagi sekolah apabila salah maupun kurang dalam proses pendataan dan pemutakhiran data Dapodik melalui data verfal Kementerian Pendidikan Nasional.

Misalnya ruang kelas rusak berat tetapi operator pada saat upload data Dapodik rusak ringan hal ini akan menjadi tidak relefan dengan kondisi riil yang ada," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang melalui Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Okto Naitboho, kepada POS-KUPANG.COM, Rabu (2/9).

Sementara itu Plt Kepala Sekolah SMPN 6 Kupang Beny Mauko, mengakui pihaknya sering mengalami berbagai kendala ketika hendak melakukan pemutakhiran data Dapodik. Salah satu kendala peralatan yang digunakan operator (komputet) yang digunakan operator Dapodik mengalami kendala teknis (rusak) berat atau ringan. Dan untuk mengatasi soal dimaksud Mauko cepat mengambil langkah penting dengan memerintahkan bendahara sekolah untuk segera atasi.

Sehingga kesulitan-kesulitan itu bisa cepat teratasi untuk keberlangsungan sekolah.
Termasuk kata Mauko, saat pendaftaran siswa baru pihaknya tidak menerima siswa yang data adminstrasinya kurang lengkap. Hal ini kata dia untuk memudahkan dalam data Dapodik nanti.

DI Sikka - NTT, Dua Perempuan Maumere Dihukum Satpol PP Karena Tidak Pakai Masker, INFO

Bagi satuan pendidikan masih menurut Mauko, data atau profil suatu satuan pendidikan dapat diketahui melalui data Dapodik sekolah bersangkutan. Sebab kata dia, pihak kementrian hanya akan menggunakan data Dapodik sebagai acuan dalam membuat kebijakan termasuk ketika dilakukan penganggaran. Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati).

Okto Naitboho
Okto Naitboho (Doc Humas Disdikbud Kota)
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved