Breaking News:

Ingin Beli Mobil? Ini Strategi Agar Tidak Salah Pilih

Bagi yang pertama kali hendak membeli mobil, penting mengetahui berbagai strategi yang perlu dilakukan dalam proses pembelian.

ISTIMEWA
Ikuti cara ini sebelum Anda membeli mobil keluarga 

POS-KUPANG.COM |  JAKARTA - Pilihan untuk membeli mobil terutama mobil yang baik dan disukai tentu diharapkan banyak orang. 

Namun, hal ini bukan hal yang mudah agar impian ini bisa  terwujud.

Bagi yang pertama kali hendak  membeli mobil, sangat penting mengetahui berbagai strategi yang perlu dilakukan dalam proses pembelian.

Ilustrasi mobil bekas
Ilustrasi mobil bekas (Dok. Shutterstock)

Gelar Indonesia Otomotif Online Festival (IOOF) 2020, yang berlangsung dari tanggal 25 Agustus hingga 29 Agustus mendatang, menawarkan berbagai diskon besar dari beberapa pabrikan yang turut ikut serta meramaikan acara tersebut.

Berbagi promo ditawarkan mulai dari free biaya administrasi kredit, potongan cicilan, hingga oli gratis selama satu tahun. Bagi Anda yang ingin membeli upgrade kendaraan, terutama bagi yang baru ingin membeli mobil ( first buyer) sebaiknya simak ini.

Executive Vice President, Consumer Loans Group PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Ignatius Susatyo Wijoyo, mengatakan, ada beberapa faktor yang biasanya menjadi pertimbangan first buyer dalam memilih kendaraan.

Harga Mobil Bekas Nissan Terrano Agustus 2020, Rp 70 Jutaan Kondisi Mulus dan Terawat

Mobil Innova Hilang Selama 3 Tahun, Betapa Kagetnya Anton Karena Pencurinya Adalah Tetangganya

“Biasanya mereka akan bingung memilih mobil baru atau bekas, lima dudukan atau tujuh dudukan, yang ground clearance-nya tinggi atau rendah. Sebab, banyak dari mereka yang belum paham kebutuhannya apa,” ujar Satyo disela-sela bincang IOOF 2020, Selasa (25/8/2020).

Hal yang utama tentunya harus memahami terlebih dahulu kendaraan seperti apa yang diinginkan dan dana yang berapa besar dana yang mereka miliki.

uasana pusat penjualan mobil bekas di Jakarta Pusat
uasana pusat penjualan mobil bekas di Jakarta Pusat ((Kompas.com/Setyo Adi)

Pria yang sudah berkecimpung di dunia pembiayaan otomotif selama 27 tahun ini menilai, 90 persen first buyer akan membeli kendaran secara kredit.

Terutama bagi generasi Z yang masih memiliki pendapatan terbatas.

Lantas, bagaimana strategi keuangan yang baik untuk mereka yang ingin membeli kendaraan?

“Dalam membeli kendaraan itu ada istilah debt service ratio (DSR), yaitu perbandingan antara membayar cicilan dengan total pemasukannya. Mudahnya, sepertiga gaji 30 sampai 35 persen adalah maksimum biaya yang dikeluarkan mereka untuk membayar cicilan mobil. Tidak boleh lebih,” tutur Satyo.

Dana Rp 150 juta, Pilih Mobil Bekas Mobilio atai Sigra Baru? Simak Spesifikasi Baru Tentukan Pilihan

Teliti Sebelum Membeli Mobil Bekas murah Dibawah Rp 50 Juta

Di waktu yang bersamaan, PR and Digital Manger PT Honda Prospect Motor, Yulian Karfilli, mengatakan first buyer harus menentukan terlebih dahulu mobil seperti apa yang diinginkan dan pastinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

“Misalnya mobil kecil (city car) untuk pribadi, atau mobil keluarga. Setelah itu disesuaikan dengan dana yang dimiliki, baru diperhitungkan pembiayaanya seperti apa. Itu sebabnya fungsi perusahaan pembiayaan sangat penting untuk memudahkan calon konsumen membeli mobil,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Strategi buat yang Pertama Kali Beli Mobil ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/26/172100715/begini-strategi-buat-yang-pertama-kali-beli-mobil-

Editor : Azwar Ferdian

Editor: Hermina Pello
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved