Breaking News:

News

HEBAT, Koperasi Kredit Terbesar di Indonesia, Pintu Air Peringkat Pertama, Ini Total Asetnya

Inkopdit menempatkan KSP Kopdit Pintu Air asal Maumere, Sikka, pada peringkat pertama dari 365 kopdit primer

POS KUPANG/EUGINIUS MO'A
Gedung kantor baru KSP Kopdit Pintu Air Rotat di Desa Ladogahar, Kecamatan Nita, 12 Km arah barat Kota Mamere di Pulau Flores, Propinsi Nusa Tenggara.Hari ini, Jumat (3/5/2019), gedung ini diresmikan oleh Wakil Gubernur NTT, Drs.Yosef Nae Soi. 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Com, Sipri Seko

POS KUPANG, COM - Induk Koperasi Kredit (Inkopdit) Indonesia merilis peringkat koperasi berdasarkan jumlah anggota di atas 1.000 pada bulan Desember 2019.

Inkopdit menempatkan KSP Kopdit Pintu Air asal Maumere, Sikka, pada peringkat pertama dari 365 kopdit primer yang memiliki anggota di atas 1.000 orang.

Sebagaimana data yang diperoleh dari Humas Kopdit Pintu Air, Vinsensius Deo, Kamis (13/8), seperti dirilis majalah PICU (Pusat Informasi Credit Union) Edisi Mei-Juni 2020, jumlah anggota KSP Kopdit Pintu Air mencapai 229.018 orang dengan total aset Rp 1,1 triliun per 31 Desember 2019.

Kopdit Pintu Air menggeser posisi CU Lantang Tipo dari Pukopdit Borneo. Pada tahun buku 2018, CU Lantang Tipo menempati peringkat pertama dengan anggota 192.633 orang. Tahun buku 2019, anggotanya naik menjadi 201.820 orang.

Sedangkan Pintu Air, dari 186.391 anggota pada tahun buku 2018 naik menjadi 229.018 pada tahun buku 2019.

Prestasi ini merupakan kado terindah bagi Kopdit yang berpusat di Rotat, Desa Ladogahar, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka itu pada usianya ke-25 tahun.

Sekarang, Kopdit berstatus primer nasional ini sedang menggarap dua sektor riil yakni minyak kelapa (emas hijau) dan garam (emas putih).

Ketua KSP Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano mengungkapkan kebanggaannya. Bagi Jano, prestasi yang diraih layak dibanggakan. Lebih dari itu, capaian yang ada harus dilihat sebagai tanggung jawab.

"Hal ini berkat kerja sama pengurus, pengawas dan tim manajemen. Kita telah mengajak banyak anggota untuk bergabung. Tapi kita juga tidak boleh menelantarkan mereka. Kita punya tanggung jawab besar," kata Jano.

Jano menambahkan, motto `koperasinya seluruh lapisan masyarakat' menjadi spirit Pintu Air dalam mengajak masyarakat untuk bergabung dalam wadah koperasi.

"Tua-muda, kaya-miskin, nelayan, petani, peternak, buruh, kita satukan untuk bangun kebhinekaan dalam koperasi," tegasnya. *

Penulis: Sipri Seko
Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved