Breaking News:

Cegah Penularan Virus Corona, Tim Covid-19 Perkuat Posko Timur dan Barat Sumba Barat

Selanjudnya bila dalam kondisi normal maka tim covid-19 Sumba Barat mempersilahkan warga melanjutkan perjalanan menuju Sumba Barat

POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Jubir Covid-19 Sumba Barat, drg.Bonar B.Sinaga 

Cegah Penularan Virus Corona, Tim Covid-19 Perkuat Posko Timur Dan Barat Sumba Barat

POS-KUPANG.COM|WAIKABUBAK---Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan penularan virus corona Kabupaten Sumba Barat, drg.Bonar B.Sinaga mengatakan untuk mencegah bertambahnya penularan virus corona maka tim covid-19 Sumba Barat terus memperketat pengawasan keluar masuk manusia.

Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan penularan virus corona Kabupaten Sumba Barat yang juga adalah Kepala Dinas Kesehatan, drg.Bonar B.Sinaga menyampaikan hal itu di Waikabubak, Sumba Barat Sabtu (8/8/2020).

Menurut drg Bonar, pengawasan ini dilakukan melalui posko covid-19 Sumba Barat dibagian timur dan bagian barat Sumba Barat. Setiap warga dari wilayah barat ke Sumba Barat harus terlebih dahulu menjalani pemeriksaan di posko covid-19 di km 6 Sumba Barat.

Tim covid-19 Sumba Barat, lanjut drg.Bonar, memeriksa warga tersebut memakai masker atau tidak memakai masker, lalu mempersilahkan warga mencuci tangan bersih menggunakan sabun dan mengikuti pengukuran suhu badan.

Selanjutnya, jelas drg.Bonar,  bila dalam kondisi normal maka tim covid-19 Sumba Barat mempersilahkan warga melanjutkan perjalanan menuju Sumba Barat, Sumba Tengah hingga Sumba Timur. Sebaliknya hal yang sama berlaku pula di posko timur Sumba Barat terhadap warga yang datang dari Sumba Tengan dan Sumba Timur untuk tujuan ke Sumba Barat.

Menurutnya, selama ini, posko timur dan barat gencar melakukan pengawasan terhadap setiap warga yang hendak ke dan dari Sumba Barat. Penjagaan ketat posko covid-19 di bagian barat dan timur Sumba Barat adalah untuk memastikan setiap warga ke dan dari Sumba Barat dalam kondisi sehat.

Saat ini, lanjut drg.Bonar, 3 dari 6 warga positip tertular virus corona sedang menjalan karantina mandiri di rumah masing-masing setelah menjalani karantina di RSUD Waikabubak selama 10-14 hari. Mengingat perkembangan pasien bersangkutan sedang mengarah ringan maka sesuai petunjuk baru menteri kesehatan RI tetang tata cara penanganan pasien positip corona maka tiga warga tersebut dipulangkan dan menjalani karantina mandirindi.rumah masing-masing.

Menurutnya, karena covid-19 desa dan kecamatan diminta secara intensif mengawasi pelaksanaan karantina mandiri tiga warga tersebut agar berjalan sesuai prosedur yang ditetapkan.sedangkan pasien lainnya telah dinyatakan sembuh.

Gading Marten Iri Raffi Ahmad Punya Istri Nagita Slavina, Eks Gisell Bikin Ibu Rafathar Tersipu Malu

Pembayaran Gaji ke-13 Pensiunan Taspen Kupang Mulai 10 Agustus, Ini Syaratnya !

Ia optimis dengan pengawasan ketat terhadap mobilitas keluar masuk warga ke dan dari Sumba Barat dapat mencegah bertambahnya penularan virus corona di dawraj ini.(Laporan Repprter POS-KUPANG.COM Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved