Breaking News:

Virus Corona

Muncul Penularan Baru Virus Corona di Kapal Pesiar Pada Saat Baru Dibuka Kembali

Tampaknya tatanan kehidupan baru (new normal) di masa pandemi virus corona membawa kabar yang kurang menggembirakan.

AP/ Petros Karadjias
Perusahaan pengelola kapal pesiar di seluruh dunia banyak mengalami kerugian karena penghentian operasi berkenaan dengan Covid-19. 

Muncul Penularan Baru Virus Corona di Kapal Pesiar Pada Saat Baru Dibuka Kembali

POS-KUPANG.COM - Tampaknya tatanan kehidupan baru (new normal) di masa pandemi virus corona membawa kabar yang kurang menggembirakan.

Pasalnya, ketika segala aktivitas sehari-hari mulai dilonggarkan kembali asal tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 ternyata belum dipatuhi secara maksimal.

Indikasinya terlihat pada terus meningkatnya penularan virus corona  

Contohnya, di industri kapal pesiar yang banyak mempekerjakan warga Indonesia di luar negeri, yang baru saja dibuka kembali malah terancam untuk ditutup kembali karena ditemukan kembali kasus penularan baru.

Bulan Juli lalu, beberapa kapal pesiar yang sudah mulai beroperasi di Eropa dan kawasan Pasifik terpaksa melakukan pembatasan kegiatan karena adanya kasus ketika kapal masih di tengah laut.

Pihak berwenang di Norwegia telah melarang seluruh kapal pesiar dengan lebih dari 100 orang di dalamnya untuk berlayar dari pelabuhan mereka mulai Senin kemarin (3/8/2020).

Langkah ini diambil setelah adanya kasus baru penularan Covid-19 yang dilaporkan pekan lalu di sebuah kapal yang sudah meninggalkan pelabuhan.

Sedikitnya 41 penumpang dan awak di atas kapal MS Roald Amundsen, milik perusahaan Norwegia Hurtigruten, sejauh ini dinyatakan positif tertular virus corona.

Menurut pejabat kesehatan setempat, ratusan orang lainnya di kapal tersebut telah diminta untuk melakukan karantina sendiri selama 10 hari.

Kapal pesiar Ruby Princess menjadi tempat penyebaran terbesar kasus COVID-19 di Australia.
Kapal pesiar Ruby Princess menjadi tempat penyebaran terbesar kasus COVID-19 di Australia. (AAP: Dean Lewins)
Halaman
1234
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved