Breaking News:

Reenata Handmade Jual Kalung dan Anting dari Kain Tenun

aksesori anting tenun dapat dibeli dengan harga Rp35.000 hingga Rp50.000, sedangkan kalung Rp60.000 sampai Rp85.000.

Reenata Handmade Jual Kalung dan Anting dari Kain Tenun
POS-KUPANG.COM/Intan Nuka
Renata Doa menjual berbagai aksesori berupa anting dan tenun serta blazer wanita dari tenunan

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Kain tenunan NTT semakin digemari oleh berbagai kalangan. Bahkan, kain tenun menjadi ikon oleh-oleh bagi para wisatawan baik lokal atau mancanegara yang datang ke NTT.

Uniknya, kain tenun tak hanya diolah menjadi pakaian, melainkan aksesori cantik semisal anting dan kalung.

Renata Doa (36) mengolah kain tenun sisa jahitan menjadi anting dan kalung cantik nan mewah. Bermodalkan Rp500.000 pada Oktober 2018, perempuan asal Rote yang sehari-hari beraktivitas sebagai penjahit ini mencoba mencari peruntungan dengan berjualan aksesori tersebut.

Tak disangka, promosi melalui sosial media membuatnya mendulang untung hingga Rp2.000.000 per bulannya.

"Saya penjahit, ada kain sisa, sayang kainnya dibuang, apalagi motifnya bagus. Awalnya adik saya yang coba buat, lalu saya mulai tertarik dan seperti sekarang," kata pemilik UMKM Reenata Handmade ini, Rabu (22/7).

Kini, aksesori anting tenun miliknya dapat dibeli dengan harga Rp35.000 hingga Rp50.000, sedangkan kalung Rp60.000 sampai Rp85.000.

Peminat aksesori Renata kebanyakan anak muda dan ibu-ibu muda. Ia juga gencar mempromosikan tenun NTT dengan ikut dalam berbagai pameran yang ada di Kota Kupang.

Penerimaan Bea dan Cukai NTT Melebihi Target Meski Ada Pandemi

Namun, siapa sangka promosi yang ia lakukan melalui sosial media membawanya pada pembeli dari Malaysia. Ia pun mengirim produknya untuk pembeli di Negeri Jiran tersebut.

Ia menyadari pandemi Covid-19 membuat pemasukan yang ia dapati mengalami penurunan. Guna menyiasati hal tersebut, ia pun memutar otak dengan menjahit blazer wanita dari kain tenun. Harganya bervariasi hingga Rp400.000.

Para pecinta aksesori tenun kini dapat membeli olahan tangannya dengan membeli langsung di rumahnya, Jalan Timor Raya, samping Hotel Aston Kupang. Ia melayani pembeli dari pukul 08.00 - 20.00 Wita. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM. Intan Nuka)

Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved