Breaking News:

Berita Pemkab Sumba Barat

Hari Ini, Tim Covid-19 Sumba Barat Kirim 30 Spesimen Swab Ke Rumah Sakit Yohanes Kupang

Hari ini, Sabtu (25/7/2020), tim gugus tugas percepatan penanganan penularan virus corona (tim covid-19) Kabupaten Sumba Barat mengirim 30 s

POS-KUPANG.COM/PETRUS PITER
Jubir Covid-19 Sumba Barat, drg. Bonar B. Sinaga. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM/WAIKABUBAK---Hari ini, Sabtu (25/7/2020), tim gugus tugas percepatan penanganan penularan virus corona (tim covid-19) Kabupaten Sumba Barat mengirim 30 spesimen swab dari 16 orang ke laboratorium rumah sakit umum Prof.WZ Yohanes Kupang menggunakan pesawat Wings Air melalui Bandara Tambolaka, Sumba Barat Daya.

Ke-16 orang tersebut terdiri orang 5 orang terkonfirmasi positip corona dan 11 orang lainnya masuk suspeck dan kontak erat.

Demikian disampaikan juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan penularan virus corona Kabupaten Sumba Barat yang juga adalah Kepala Dinas Kesehatan, drg.Bonar B.Sinaga di Waikabubak, Sabtu (25/7/2020).

Menurutmya, hingga saat ini Sumba Barat terdapat 6 orang terkonfirmasi positip tertular virus corona. Dari jumlah tersebut, satu orang dinyatakan sembuh setelah hasil pemeriksaan swab oleh laboratorium rumah sakit umum Prof.WZ Yohanes Kupang dinyatakan negatif. Sedangkan 5 orang lainnya masih positip.

Selanjutnya, 3 orang terkonfirmasi positip tertular virus corona dari 5 orang itu telah dipulangkan keluarganyanya.

Hal itu karena 3 orang itu telah menjalani karantina di rumah sakit umum Sumba Barat hampir sebulan lamanya atau melebihi ketentuan 10-14 hari menjalani karantina di rumah sakit boleh dipulangkan bila dalam perkembangan penanganan penyakitnya masuk kategori sedang cenderung ringan boleh dipulangkan ke rumhanya. Mereka diminta tetap melaksanakan karantina mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan ketat tim covid-19 desa dan kecamatan.

Sedangkan dua orang lainnya adalah kasus baru dan kini sedang menjalani karantina di wisma Manda Elu.

Ia berharap hasil pemeriksaan 30 swab oleh laboratorium rumah sakit umum.Prof.WZ Yohanes Kupang secepatnya diperoleh sehingga dapat menentukan pula status ke-26 orang itu.

Dalam kesempatan itu, ia menghimbau masyarakat Sumba Barat harus taat melaksanakan protokol kesehatan yakni selalu mencuci tangan memakai sabun, selalu memakai masker dan menjaga jarak dan lainnya. Hanya dengan cara demikian dapat membentengi diri dari ancaman penularan penyakit membahayakan itu. (Pet)

Jubir Covid-19 Sumba Barat, drg. Bonar B. Sinaga.
Jubir Covid-19 Sumba Barat, drg. Bonar B. Sinaga. (POS-KUPANG.COM/PETRUS PITER)
Penulis: Petrus Piter
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved